Selasa, April 16, 2024
No menu items!

5 Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Jantung

Must Read
Jakarta, Radar BI | Jantung bertugas sepanjang waktu memompa darah dan oksigen ke semua organ, serta menghilangkan racun di tubuh di saat yang bersamaan.

Sebab ketika kesehatan jantung tidak dijaga dengan semestinya, masalah serius seperti terbentuknya plak pada lapisan lapisan arterinya bisa muncul. Plak ini menyebabkan penyakit seperti serangan jantung dan penyumbatan aliran darah di arteri.

Cara – cara sederhana menjaga kesehatan jantung.

Berikut adalah kebiasaan berguna untuk menjaga kesehatan jantung.

BACA JUGA  Baru Bebas, KPK Kembali Tetapkan Eks Bupati Talaud Sri Wahyumi Manalip Jadi Tersangka

1. Rajin berjalan kaki

Cara yang pertama adalah dengan berjalan kaki. Olahraga jenis ini mudah dan cukup dilakukan selama kurang lebih 20 menit. Penelitian menunjukkan bahwa kurangnya olahraga berkontribusi terhadap munculnya masalah kardiovaskular.

Nah, dengan berjalan kaki secara rutin setiap hari, kamu dapat membantu mengurangi potensi terkena masalah jantung.

Selain kesehatan jantung, berjalan kaki tiap hari juga bisa menurunkan faktor risiko berat badan berlebih, tekanan darah, dan gula darah.

BACA JUGA  Terkait Terduga Teroris Jakarta Bekasi, Densus 88 Buru Pelaku Lainnya

2. Kurangi konsumsi garam dalam makanan

Garam memang bahan pokok yang umum ada di dalam makanan, dan garam bisa memberikan tubuh elektrolit penting yang bisa mengatur otot dan menyeimbangkan cairan tubuh. Namun, kita sebenarnya hanya membutuhkan garam sekitar 1-2 gram per hari.

Di dalam garam terdapat sodium dan klorida, dan sodium ini lah yang bisa membahayakan kesehatan. Terlalu banyak sodium dapat menyebabkan kelebihan cairan dalam tubuh dan meningkatkan tekanan darah. Tekanan darah tinggi bisa menjadi risiko utama serangan jantung dan gagal jantung.

BACA JUGA  10 Tersangka Khilafatul Muslimin Segera Disidang

3. Tidur yang cukup

Tidur penting untuk menjaga kesehatan jantung. Ketika kamu kurang tidur, kamu berpotensi lebih tinggi terkena penyakit kardiovaskular. LM

Orang di atas umur 45 tahun yang tidur kurang dari enam jam, dua kali lebih mudah terkena stroke atau serangan jantung dari mereka yang tidur delapan jam.

Selain penyakit jantung, kurang tidur juga bisa menyebabkan penyakit tekanan darah.

BACA JUGA  Peringati Hari HANI 2021, Dandim 0117/Aceh Tamiang Perang Narkoba di Era Covid-19 Menuju Indonesia Bersinar

4. Jauhi asap rokok

Terpapar asap rokok di tempat kerja atau rumah bisa meningkatkan risiko terkena penyakit jantung sekitar 25-30 persen.

Selain itu, orang-orang yang non-perokok dengan tekanan darah tinggi atau kolesterol juga berisiko terkena penyakit jantung jika terkena asap rokok.

Hal ini terjadi karena bahan kimia yang keluar dari asap rokok mendorong perkembangan penumpukan plak di arteri.

BACA JUGA  Mahfud MD Mengajak Publik Menjaga Putusan Mahkamah Agung Soal Ferdy Sambo Penjara Seumur Hidup

5. Jangan duduk terlalu lama

Kalau kamu adalah tipikal orang yang lebih sering duduk dan jarang gerak ketika bekerja, sebaiknya kamu mulai kurangi kebiasaan ini. Karena kebiasaan ini berisiko memperlambat aliran darah yang membuat asam lemak menumpuk di pembuluh darah.

Hal ini dapat menyebabkan penyakit j mmjantung. Cobalah luangkan waktu beberapa menit untuk bergerak setelah duduk beberapa jam.

Itulah beberapa cara untuk menjaga kesehatan jantung, mudah bukan? Tapi, jika kamu mulai merasakan keluhan segera tanyakan pada dokter untuk penanganan lebih lanjut.

BACA JUGA  Cegah Covid-19, Polwan Ditlantas Polda Aceh Bagi Masker di Masjid Raya

Sumber: Halodoc.

Iklan

Latest News

Brimob Polri dan TNI AL Bentrok di Pelabuhan Sorong, 5 Personil Terluka

Radar Berita Indonesia | Bentrokan terjadi antara Brimob Polri dengan prajurit TNI Angkatan Laut (AL) di Pelabuhan Sorong, Papua...

Artikel Lain Yang Anda Suka