Rabu, April 17, 2024
No menu items!

6 Jenis Obat Efektif Atasi Penyakit Asam Urat

Must Read
Radar BI | Tidak semua obat asam urat di apotek bisa dibeli dengan bebas. Beberapa obat penurun kadar asam urat umumnya hanya bisa didapatkan jika ada resep dari dokter. Ada juga obat-obatan yang bisa dibeli tanpa resep, tetapi biasanya hanya untuk menghilangkan rasa sakit.

Penyakit asam urat ditandai dengan rasa sakit, bengkak, dan kemerahan pada persendian. Kondisi ini terjadi karena tingginya kadar asam urat dalam darah yang kemudian mengkristal di persendian, biasanya di persendian jempol kaki, namun bisa juga di lutut, pergelangan kaki, bahkan jari tangan.

Agar tidak semakin parah dan menimbulkan komplikasi , penyakit asam urat perlu diobati dengan menggunakan obat asam urat yang salah satunya dijual di apotek. Obat ini dapat dibedakan berdasarkan tujuannya, yaitu meredakan nyeri sendi dan menurunkan kadar asam urat.

Ada beberapa pilihan obat asam urat di apotik untuk meredakan nyeri sendi, yaitu:

Obat anti inflamasi nonsteroid.

Obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS) adalah jenis obat asam urat di apotek yang bermanfaat untuk meredakan nyeri sendi dan pembengkakan. Beberapa OAINS yang umum digunakan adalah ibuprofen, indomethacin, atau celecoxib.

BACA JUGA  Aksi Bejat Kakak di Ngada Tega Perkosa Adiknya Sendiri

Anda memerlukan resep dokter untuk membeli indometasin dan celecoxib. Sedangkan ibuprofen umumnya dapat dibeli secara bebas namun penggunaannya tetap harus sesuai dengan petunjuk pada kemasan.

OAINS biasanya dapat memicu efek samping ringan, seperti mulas, perut kembung, atau diare. Untuk mengurangi efek obat, kamu bisa mengonsumsinya setelah makan. Selain itu, hentikan konsumsi OAINS jika nyeri sendi sudah hilang.

Kolkisin

Serupa dengan NSAID, colchicine juga merupakan obat asam urat di apotek yang biasa diresepkan oleh dokter untuk meredakan nyeri sendi. Obat ini dapat mencegah reaksi sel darah putih terhadap kristal asam urat yang memicu rasa sakit.

Di sisi lain, colchicine sering menyebabkan efek samping seperti mual, muntah, kram perut atau diare. Untuk menghindarinya, dosis obat ini perlu dikurangi saat gejalanya mereda dan menghilang. Oleh karena itu, penggunaan colchicine harus sesuai dengan resep dokter.

Kortikosteroid

Kortikosteroid merupakan obat asam urat pilihan bagi Anda yang memiliki kontraindikasi terhadap NSAID dan colchicine. Prednison dan metilprednisolon adalah contoh kortikosteroid yang dapat meredakan nyeri sendi.

BACA JUGA  NasDem Diprediksi Bakal Cabut dari Koalisi Perubahan, Nasib Anies?

Jenis obat asam urat ini perlu dikonsumsi setelah makan. Selain itu, jangan minum kortikosteroid sembarangan untuk mengurangi risiko efek samping, seperti gejala pencernaan, pembengkakan wajah, bahkan tekanan darah tinggi.

Obat Asam Urat di Apotik untuk Menurunkan Kadar Asam Urat

Selain menghilangkan rasa sakit, ada juga obat asam urat untuk menurunkan kadar asam urat. Namun, pastikan Anda sudah mendapatkan resep dari dokter sebelum membeli obat asam urat ini di apotek. Berikut beberapa obatnya:

Allopurinol

Allopurinol merupakan obat asam urat di apotik yang murah dan paling sering diresepkan oleh dokter. Obat ini digunakan untuk menurunkan kadar asam urat dan mencegah kambuhnya gejala asam urat.

Obat jenis ini hanya bisa digunakan saat gejala asam urat mereda. Pasalnya, bila dikonsumsi saat gejala asam urat kambuh, allopurinol justru bisa memperburuk rasa sakit. Agar lebih aman, pastikan Anda sudah berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi obat ini.

Probenesid

Probenesid adalah obat asam urat di apotek yang bekerja dengan cara menghambat penyerapan asam urat di ginjal. Dengan begitu, kelebihan asam urat akan keluar bersama urin.

BACA JUGA  Setukpa Tuntaskan Latihan Pembentukan SPORC di Pelabuhan Ratu

Bagi anda yang memiliki riwayat penyakit ginjal, informasikan kepada dokter mengenai kondisi anda sebelum mengkonsumsi obat ini. Ada baiknya juga jika kamu ikut konsumsi obat ini dengan minum 3 liter air setiap hari untuk mencegah batu ginjal.

tersedia di apotek. Mirip dengan dua obat sebelumnya, febuxostat bekerja dengan cara menurunkan kadar asam urat dalam tubuh.

Obat ini umumnya masih aman digunakan bagi penderita gangguan ginjal atau hati yang masih ringan. Untuk mendapatkan obat ini di apotek, Anda tetap harus membelinya dengan resep dokter.

Selain mengkonsumsi obat asam urat di apotik, sebaiknya juga mengurangi konsumsi makanan tinggi purin untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh dan mencegah kambuhnya nyeri sendi dan bengkak.

Hampir semua obat asam urat, termasuk obat asam urat di apotek, masih memerlukan resep dokter. Oleh karena itu, jika Anda mengalami gejala asam urat, segera periksakan ke dokter agar dapat diberikan pengobatan yang tepat.

Diulas oleh: dr. Airindya Bella.

Iklan

Latest News

Brimob Polri dan TNI AL Bentrok di Pelabuhan Sorong, 5 Personil Terluka

Radar Berita Indonesia | Bentrokan terjadi antara Brimob Polri dengan prajurit TNI Angkatan Laut (AL) di Pelabuhan Sorong, Papua...

Artikel Lain Yang Anda Suka