Sabtu, Februari 24, 2024
No menu items!

Afrizal Dorong Masyarakat Sosialisasi Komunikasi Informasi dan Edukasi Rawan Bencana

Must Read
Padang, Radar BI | Anggota DPRD Sumbar dari Fraksi Partai Golkar Afrizal, SH. MH membuka secara resmi kegiatan sosialisasi kebijakan kebencanaan di masyarakat angkatan pertama.

Acara sosialisasi kebijakan kebencanaan yang digelar oleh BPBD Provinsi Sumatera Barat selama dua hari mulai dari tanggal 3 sampai 4 Juli 2023 ini terlaksana berkat pokok-pokok pikirannya selaku Afrizal anggota DPRD Sumbar. Bertempat di Rocky Hotel Padang, Jalan Permindo Padang, pada Senin (3/7/2023) Sore.

Afrizal menyampaikan, tujuan penyelenggaraan kegiatan ini untuk mensosialisasikan pelaksanaan penanggulangan bencana secara terencana, terpadu, terkoordinasi, dan menyeluruh kepada masyarakat dari ancaman, risiko dan dampak bencana.

BACA JUGA  Penangkapan Terduga Teroris, Kapolda Kaltim: Bukti Pengawasan Polri Semakin Kuat

Melihat Sumatra Barat itu adalah daerah rawan bencana atau etalase bencana atau minimarket bencana atau berada di lempengan Eurasia, lempengan Megathrust, patahan semangka dan sebagainya.

“Kalau tidak di siapkan anggaran dan kegiatan seperti hari ini, tentunya masyarakat tidak memahami berbagai ancaman bencana yang ada di wilayahnya serta bagaimana masyarakat mencoba mangantispasi atau meminimalkan paska bencana itu terhadap korban yang terjadi akibat melanda daerah kita ini,” ujarnya.

Selain itu, Afrizal berharap kepada peserta yang mengikuti kegiatan ini, agar nantinya dapat melakukan sosialisasi, komunikasi, informasi dan edukasi rawan bencana yaitu untuk lebih memahami berbagai ancaman bencana yang ada di wilayahnya kepada masyarakat.

BACA JUGA  Polisi Tembak 3 Orang di RM Cafe Cengkareng, Terancam 15 Tahun Penjara

Bagaimana cara mengurangi ancaman (hazards) dan kerentanan (vulnerability) yang dimiliki, serta meningkatkan kemampuan (capacity) dalam menghadapi ancaman/dampak bencana.

Dapat mengurangi risiko dan dampak yang diakibatkan oleh bencana terhadap masyarakat di kawasan rawan bencana, baik itu bencana alam, bencana ulah manusia maupun gabungan dari keduanya, pungkasnya.

Hadir dalam acara ini Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Provinsi Sumatera Barat Fajar Sukma, Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Provinsi Sumatera Barat Indra Veri. (DP/AdF/Dori)

Iklan

Latest News

Walikota Padang: Camat Ibarat Manusia Setengah Dewa

Sumbar, Radar BI | Wali Kota Padang Hendri Septa melantik 37 pejabat administrator (eselon III) di lingkup kerjanya. Termasuk 8...

Artikel Lain Yang Anda Suka