Sabtu, Februari 24, 2024
No menu items!

Buka MTQ N, Bupati Eka Putra: Al Qur’an Benteng Diri Generasi Muda

Must Read
Tanah Datar, Radar BI Perkembangan teknologi yang semakin pesat seperti handphone pintar (Smart Phone) sehingga membuat dunia dalam genggaman, tentu juga bisa memberikan dampak negatif. Karena itu penguatan iman dan mental melalui pemahaman Al Qur’an diharapkan mampu menjadi benteng diri bagi generasi muda Tanah Datar agar terhindar hal tersebut.

Hal ini disampaikan Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM, Kamis (20/7/2023) saat membuka Musabaqah Tilawatil Al Qur’an (MTQ) Nasional ke VI Tingkat Kecamatan X Koto di lapangan Sepakbola Nagari Padang Laweh Kecamatan X Koto.

“MTQ ini diharapkan menjadi motivasi dan wadah bagi generasi muda untuk pandai tulis dan baca Al Qur’an serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari sehingga juga akan membentengi diri dari perbuatan negatif akibat dari perkembangan zaman saat ini,” sampainya.

BACA JUGA  Ahmad Sahroni Angkat Bicara Peluang Anies Duet-Ganjar di Pilpres 2024

Dikatakan Bupati lagi, untuk mempersiapkan generasi Tanah Datar yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, Pemerintah Daerah juga telah melaksanakan Program Satu Rumah Satu Hafiz/hafizah.

“Program ini diharapkan beberapa tahun ke depan akan menjadikan generasi muda saat ini menjadi pemimpin yang hafiz/hafizah. Dan, Saya apresiasi Pandai Sikek Kecamatan X Koto ini menjadi Nagari terbanyak yang memasang stiker hafiz/hafizah se Tanah Datar, semoga ke depan Nagari Pandai Sikek akan menjadi Nagari Tahfizh,” kata Eka Putra.

Bupati juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada panitia pelaksana, dewan hakim serta dukungan masyarakat dan perantau atas terlaksananya pelaksanaan MTQ N ke VI Tingkat Kecamatan X Koto.

MTQ N ke VI Tingkat Kecamatan X Koto.
MTQ N ke VI Tingkat Kecamatan X Koto.
BACA JUGA  Kemenkeu Bakal Kucurkan Dana Rp.4,1 Triliun Proyek Kereta Cepat Jakarta - Bandung

Saya melihat acara ini menjadi salah satu kegiatan yang tertib pelaksanaannya selama Saya menghadiri acara serupa. Tentu ini tidak lepas dari dukungan semua, baik Pemerintah Nagari, Pemerintah Kecamatan, Tokoh Masyarakat, Perantau dan juga masyarakat di ranah.

Karena itu sekali lagi saya menyampaikan apresiasi, kesuksesan kegiatan ini juga menjadi salah satu indikator keberhasilan pembangunan bidang keagamaan, ujarnya.

Terakhir Bupati menyampaikan ucapan selamat bertanding kepada kafilah dan tampil secara maksimal sehingga dalam pelaksanaan MTQ N akan melahirkan kafilah potensial yang bakal mengharumkan nama Tanah Datar di ajang yang lebih tinggi.

BACA JUGA  Kemenhub Tetapkan Regulasi Kenaikan Tarif Angkutan Penyeberangan Kelas Ekonomi, Berikut ini Perinciannya

“Beberapa bulan ke depan, Kafilah Tanah Datar akan berlaga di MTQ N ke 40 Tingkat Provinsi Sumatra Barat di Solok Selatan, semoga kita kembali mampu meraih Juara Umum,” tukasnya.

Hal senada disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Tanah Datar Amril bahwa MTQ bukan semata ajang melatih dan berlomba membaca Al Qur’an namun juga membangkitkan semangat untuk mencintainya.

“Semoga para kafilah akan menampilkan penampilan maksimal yang bakal menjadi bibit potensial Kontingen Tanah Datar di tingkat lebih tinggi, karena itu Saya harap para juri dan dewan hakim juga melaksanakan tugasnya secara jujur dan adil,” sampainya.

BACA JUGA  Tergiur Gandakan Uang, Justru Nyawa Melayang

Sementara itu sebelumnya Ketua Pelaksana W Dt. Tungga, Wali Nagari Koto Laweh R. Dt. Bandaro Gapuang dan Camat X Koto Adiawarman menyampaikan, hampir semua masyarakat merasa was-was Bupati tidak jadi hadir untuk membuka secara resmi MTQ N ke VI Tingkat Kecamatan X Koto.

“Alhamdulillah, ditengah kesibukannya Bapak Bupati bersama rombongan bisa hadir pada acara kami ini, terima kasih pak Bupati,” sampai Wali Nagari.

Sementara ketua pelaksana W. Dt. Tungga menyampaikan, pelaksanaan diikuti kontingen 9 Nagari yang ada di Kecamatan X Koto.

BACA JUGA  Satgas TPPO Tetapkan 1.007 Tersangka, Modusnya Iming-iming Gaji Besar

“Alhamdulillah, semua Nagari ikut serta dengan jumlah peserta 554 orang ditambah pendamping dan ofisial, diperkirakan ada 900 orang yang terlibat langsung pada MTQ ini,” sampainya.

Dikatakan dia lagi, dalam MTQ ini para kafilah memang terdaftar dalam Kartu Keluarga (KK) Kecamatan X Koto.

“Dengan komitmen itu, kita berharap nantinya akan lahir kafilah handal dari Kecamatan X Koto yang akan mengharumkan nama kecamatan ditingkat selanjutnya,” sampainya.

BACA JUGA  PDM Kota Padang Rapat Koordinasi dengan PCM Nanggalo

Hal tersebut dapat dukungan Camat Adiawarman dan berharap ke depan dalam pelaksanaan MTQ N Tingkat Kabupaten, Kecamatan X Koto mampu memperbaiki peringkatnya.

“Untuk melahirkan kafilah yang memang terbaik, kita sengaja memakai juri dan dewan hakim dari luar Kecamatan X Koto, sehingga akan bisa dinilai dengan adil dan bakal melahirkan kafilah terbaik untuk Kecamatan X Koto ke depannya,” pungkasnya.

Radar Berita Indonesia

Turut hadir Kadis Sosial H. Afrizon, Sekdis Parpora Afrizal, Kabag Prokopim Dedi Tri Widono, tokoh masyarakat, Forkopimca X Koto, Wali Nagari, BPRN, KAN se Kecamatan X Koto dan undangan lainnya.

Sumber: Prokopim-dvd/hp/nd.

Iklan

Latest News

Walikota Padang: Camat Ibarat Manusia Setengah Dewa

Sumbar, Radar BI | Wali Kota Padang Hendri Septa melantik 37 pejabat administrator (eselon III) di lingkup kerjanya. Termasuk 8...

Artikel Lain Yang Anda Suka