Beranda INFO POLRI Hukum Tegas Hadapi KKB, Kapolda Papua Akan Terapkan Pendekatan Kesejahteraan di Wilayah...

Hukum Tegas Hadapi KKB, Kapolda Papua Akan Terapkan Pendekatan Kesejahteraan di Wilayah Rawan

Kapolda Papua
Kapolda Papua Irjen. Pol. Mathius D Fakhiri, S.I.K.
Kapolda Papua Irjen. Pol. Mathius D Fakhiri, S.I.K menggantikan Komjen. Pol. Drs. Paulus Waterpauw yang kini menjabat sebagai Kabaintelkam Polri.

Irjen. Pol. Mathius D Fakhiri menegaskan, ada beberapa masalah yang akan menjadi prioritas untuk diselesaikan. Seperti masalah kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang masih berulah di beberapa kabupaten yang terletak di wilayah pegunungan Papua.

Kapolda Papua akan menggunakan tindakan persuasif hingga represif untuk menghadapi kelompok kriminal bersenjata (KKB).

BACA JUGA  Kapolda Papua: Atasi Konflik di Papua Jangan Cuma Andalkan Polri-TNI

“Pendekatan kesejahteraan akan kita laksanakan dan penegakan hukum akan secara tegas kita lakukan, kita tidak akan mundur selangkah pun, tentu dengan cara-cara yang soft,” tegas Kapolda Papua di Jayapura, Senin (08/03/2021).

Kapolda Papua berharap pemerintah daerah bisa proaktif merangkul para anggota KKB agar mau kembali kembali ke masyarakat dan melepas senjata.

Terkait isu penyelewengan dana otonomi khusus (Otsus) sebesar Rp. 1,8 triliun, Kapolda Papua akan mencoba membangun komunikasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua, ujarnya Irjen. Pol. Mathius D Fakhiri

BACA JUGA  Kontak Tembak TNI-Polri di Ilaga, Satgas Nemangkawi Kantongi Identitas 3 Kelompok Teroris

Mantan Wakapolda Papua itu menegaskan, penanganan kasus korupsi tetap berjalan, tetapi jangan sampai penindakan yang dilakukan kepolisian membuat roda pembangunan terhenti.

Penegakan hukum jangan membuat pemerintah stagnan, tetapi kepolisian akan tegas apabila mereka yang berkepentingan di roda pemerintahan coba-coba memanfaatkan anggaran yang ada di Papua.

Kami selaku Kapolda baru akan membangun komunikasi agar bisa bersinergi dan kita bisa sejalan dalam membangun Papua, tuturnya.

BACA JUGA  BNPT Berencana Tetapkan KKB-OPM Sebagai Organisasi Teroris

Selain itu, penanganan pandemi covid-19 juga akan menjadi salah satu prioritas kerjanya. Hal ini sesuai dengan arahan Kapolri Jenderal Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si.

“Ada perintah Kapolri untuk mendukung pemerintah dalam penanganan Covid-19, ini tentu jadi prioritas yang kita akan laksanakan,” pungkas.

Facebook Comments

Artikel sebelumyaTerkait Cuitan ‘Islam Agama Arogan’, Polri Sebut Kasus Abu Janda Masih Tahap Penyelidikan
Artikel berikutnyaPasca Korban Banjir, Polsek Cabang Bungin Berikan Pengobatan Gratis Kepada Masyarakat