Beranda UMUM Irwan Basir: Bergerak Bersama Membangun Negeri

Irwan Basir: Bergerak Bersama Membangun Negeri

Sumbar, Radar BI | Ketua DPD LPM Kota Padang Irwan Basir Datuk Rajo Alam, SH, MM mengatakan, gotong royong sejatinya sudah ada sejak dulu kala, sudah dipraktikkan oleh para leluhur kita dalam membangun lingkungan sosial ekonominya.

Melalui gotong royong terbangun lingkungan yang harmonis dan penuh kekeluargaan. Terbangun lingkungan sosial yang taat norma, taat asas, dan menjunjung tinggi adat dan budaya.

Sejarah mencatat Indonesia merdeka karena rakyatnya bahu membahu dan bersatu padu. Negara Kesatuan Republik Indonesia ( NKRI) berdiri kokoh karena semangat gotong royong yang tertanam dan menyatu dalam jiwa bangsa kita.

BACA JUGA  Korban Penganiayaan Pesta Miras Tak Menuntut, Terselesaikan Berkat Tiga Pilar Desa Aliyan
BACA JUGA  Rakorbang 2022 di Pasar Ambacang, Irwan Basir: Definisi Pembangunan Fisik dan Pembangunan Non Fisik Didalam Kehidupan Masyarakat

Gotong royong menjadi identitas nasional tak terbantahkan sebagaimana tercermin dalam butir – butir pengamalan falsafah bangsa kita. Gotong royong menjadi jati diri bangsa Indonesia, tak perlu kajian mendalam, apalagi diperdebatkan, ujarnya.

Lebih lanjut, Irwan Basir menyampaikan karena filosofi gotong royong sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Indonesia sejak dulu. Bahkan Bung Karno menjadikannya sebagai sari pati dasar negara kita Pancasila.

Yang perlu adalah bagaimana mengaplikasinya dalam kehidupan sehari- hari. Keterlibatan semua pihak untuk terus berbagi, saling bahu membahu, saling tolong menolong.

BACA JUGA  Situasi Intan Jaya Mulai Kondusif, Yoakim Mujizau: Tidak Ada Pengungsi Pascakekerasan oleh OPM
BACA JUGA  Jitu Pasna Angkatan IV Resmi Ditutup, Suryadi Eviontri: Saatnya Merajut Kembali Rasa Kemanusiaan

Semakin dituntut kepedulian sosial agar benar – benar menuju situasi normal. Kondisi normal bukan sebatas legal formal, tetapi berjalan secara normal. Dalam arti aktivitas masyarakat untuk berbagi dan tolong menolong dilakukan dengan penuh kesadaran, bukan keterpaksaan, tuturnya Irwan Basir melalui via telepon seluler pada hari, Minggu (05/06/2022).

Selain itu, orang nomor satu di DPD LPM Kota Padang menghimbau kepada masyarakat dengan kesadaran yang tinggi, mereka yang mampu membantu yang belum mampu. Yang berlebih berbagi kepada yang kekurangan. Itulah sebabnya gotong royong adalah semangat yang diwujudkan dalam bentuk perilaku atau tindakan individu yang dilakukan tanpa mengharap balasan atau imbalan.

Lazimnya melakukan sesuatu secara bersama-sama demi kepentingan bersama atau individu tertentu. Gotong royong menjadikan kehidupan manusia Indonesia lebih berdaya dan sejahtera.

BACA JUGA  Irwan Basir Pengurus Komite Dalam Pungutan Sumbangan di Sekolah Agar Perhatikan Kondisi Ekonomi Masyarakat
BACA JUGA  Polda Tangkap Gembong Narkoba Asal Labuhan Batu, Kapolda Sumut: Miskinkan Dia

Kita perlu meyakini dengan gotong royong, berbagai permasalahan kehidupan bersama bisa terpecahkan secara mudah dan murah, demikian halnya dengan kegiatan pembangunan masyarakat. Menata kehidupan baru setelah lepas dari pandemi Covid -19, katanya Irwan Basir sosok dermawan ini.

Ia mengatakan, Mengapa? Karena gotong royong mengajarkan kepada kita tentang nilai- nilai kebersamaan, membangun karakter rela berkorban dan tolong menolong.

Meningkatkan ikatan sosial dalam rangka memperkokoh persatuan dan kesatuan. Banyak manfaat yang kita dapat, di antaranya mengurangi beban, terjalin hubungan yang lebih harmonis, penuh kekeluargaan, menumbuhkan sikap sukarela. Dan, tak kalah pentingnya menjauhkan sikap mau menang sendiri, arogansi dan ego pribadi. Yang tumbuh kemudian adalah kebersamaan.

BACA JUGA  Tingkatkan Sinergi DPD LPM Kota Padang, Walikota Hendri Septa Janji Percepat Realisasi Progul
BACA JUGA  Pandangan Kinerja Kapolda Sumbar di Mata Irwan Basir Datuk Rajo Alam

Tentu, kebersamaan yang tanpa paksaan, tanpa tekanan dan kebersamaan yang terbangun tanpa berharap jasa dan imbalan. Mungkinkah? Sangat mungkin. Mengingat nilai- nilai kebersamaan sebagai cermin kegotong- royongan sejatinya telah menyatu dalam kepribadian bangsa kita. Telah diterapkan sejak dulu kala oleh para leluhur kita. Telah menjadi adat dan budaya bangsa, ujarnya.

Irwan Basir menyampaikan, ini adalah menjadi kewajiban kita bersama menularkan, membina dan menumbuhkembangkan nilai gotong royong dalam kehidupan sehari -hari. Tentu disesuaikan dengan zamannya, situasi dan kondisinya.

Keteladan adalah kunci utama menularkan jati diri bangsa kepada generasi era kini. Karena generasi milenial dan digital, sangat menghargai keteladanan, ketimbang imbauan, ajakan, apalagi pemaksaan, pungkasnya. (Dp)

Facebook Comments

Artikel sebelumyaOpen Donasi, BSC dan Lintas Komunitas Gelar Konser Amal Untuk Kesembuhan Rasim
Artikel berikutnyaPeringati Satu Tahun, IKABA Adakan Program Bakti Sosial Donor Darah