Khatam Qur’an dan Lomba Qasidah Rebana, Irwan Basir: Melahirkan Generasi Muda Tangguh di Mushalla Nurul Yaqin

Ketua DPD LPM Kota Padang Irwan Basir, SH, MM Datuk Rajo Alam.
Padang, Radar BI | Ketua DPD LPM Kota Padang Irwan Basir, SH, MM Datuk Rajo Alam dalam rangka penutupan wisuda Iqra, khatam Alqur’an dan lomba qosidah rebana tingkat MDTA, remaja Masjid, Mushalla dan majelis taklim se-Kota Padang.

Pantauan awak media di lapangan, masyarakat antusias menyambut kehadiran Irwan Basir Datuk Rajo Alam. Bertempat di Mushalla Nurul Yaqin Parak Tabu, Kelurahan Koto Lalang, Kecamatan Lubuk Kilangan, Minggu (26/6/2022) Malam.

BACA JUGA  Kapolsek Astana Anyar dan 11 Anggota Ditangkap Diduga Pesta Narkoba
BACA JUGA  Ungkap 5 Ton Sabu, Kapolri: Tanda Pengguna Narkoba Masih Tinggi di Indonesia

Irwan Basir menyampaikan, saat ini sudah mulai termarginilkan oleh masyarakat, khususnya generasi muda kesenian yang bernafaskan Islam. Untuk itu mari kita bangkitkan lagi qasidah rebana sejak dini.

FB IMG 1656340373092
Penutupan wisuda Iqra, khatam Alqur’an dan lomba qosidah rebana tingkat MDTA, remaja Masjid, Mushalla dan majelis taklim se-Kota Padang.

Sebagai Ketua LPM Padang, kami sangat mengapresiasi kegiatan syiar agama Islam kepada generasi muda dalam kegiatan ini juga mengembangkan rasa kepedulian sosial kemasyarakatan bidang keagamaan. Sebab, sudah merosotnya nilai-nilai agama pada generasi muda akibat pengaruh zaman digitalisasi dan teknologi IT saat ini.

BACA JUGA  Wujudkan Perintah Kapolri, Kapolda Sumsel Melaksanakan Penyumpahan ke Seluruh PJU dan Kapolres
BACA JUGA  Polri Tegaskan Belum Izinkan Keluarga dan Kuasa Hukum Jenguk Mantan Sekum FPI Munarman

“Sebaik-baiknya manusia, ialah orang yang selalu belajar dan dikalbunya ada Alqur’an. Alqur’an diturunkan sebagai obat dan kompas untuk kehidupan dunia wal akhirah,” Imbuhnya.

Irwan Basir berpesan, Khatam Al-Qur’an bagi santri TPQ-TQA atau MDTA adalah bertujuan untuk mengevaluasi para santri sudah sejauh mana santri tersebut menghafal atau memahami Al-Qur’an.

“Khatam Al-Qur’an bukan berarti para santri sudah selesai belajar Al-Qur’an. Akan tapi sebaliknya mereka dituntut untuk lebih terus belajar membaca Al-Qur’an dan memahaminya,” ujarnya.

FB IMG 1656340378367
Poto bersama para pemenang.
BACA JUGA  Polres Kobar Tangkap Wanita Cantik Residivis Narkoba, Sita 1.80 Gram Sabu
BACA JUGA  Hafidz Qur'an Bisa Jadi Bintara Polri, Asisten Kapolri Bidang SDM: Ada 3 Jalur Khusus

Lebih lanjut, orang nomor satu di LPM Kota Padang sejauh ini mereka anak-anak kita merasa kalau sudah di-khatam mereka sudah tidak perlu belajar mengaji dan ini adalah sebuah pemahaman yang keliru sekali. Justru, lebih ditingkatkan sebab tantangan zaman semakin keras.

Khatam Al- Qur’an dan lomba qasidah rebana juga akan melahirkan generasi muda yang Qur’ani, agamis dan mencintai Al-Qur’an juga Islam secara kaffah. Selanjutnya, agama dan alqir’an merupakan benteng juga filterisasi untuk menjadikan manusia yang bermanfaat dalam level apapun.

Dengan belajar Al-Qur’an anak-anak akan mengerti dan memahami kandungan isi yang ada dalam kitab suci tersebut. Jika mereka sudah hafal Al-Qur’an dan memahminya itu sebagai benteng diri untuk kearah yang lebih baik.

BACA JUGA  Kapolri Beri Tiket Sekolah Bhabinkamtibmas Usai Sidak PPKM Mikro di Kudus
BACA JUGA  Bentuk Kepedulian Sosial, Foskapda Bagikan Beras Kepada Kaum Dhuafa

Terakhir, marilah kita sokong dan dukung bersama kegiatan religi sebagai bentuk mensyiarkan ajaran agama Islam secara kontiniu kepada anak generasi muda, pungkasnya. (Dp/Hr1)

Facebook Comments

Artikel sebelumyaTragedi Kecelakaan Beruntun 17 Kendaraan di Tol Cipularang, Berikut Nama Korban
Artikel berikutnyaStadion Agus Salim Terancam Tidak Layak Liga 2 Tahun 2022, Semen Padang FC Tak Ada Kandang