Rabu, Juli 24, 2024
No menu items!

KPK Cegah 3 Orang Terkait Dugaan Korupsi Pengadaan Lahan Tol Trans Sumatera

Must Read
Jakarta, Radar BI | Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memberlakukan cegah ke luar negeri terhadap 3 orang terkait penyidikan dugaan korupsi pengadaan lahan untuk Tol Trans Sumatera.

“Pengumpulan alat bukti yang sudah mulai dilakukan dan agar proses penyidikan juga dapat efektif, KPK kemudian ajukan cegah untuk tidak melakukan perjalanan keluar negeri pada tiga orang ke Direktorat Jenderal Imigrasi Kemenkumham RI,” kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri di Gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi, Jakarta Selatan, pada hari Rabu (13/4/2023).

Kepala Bagian Pemberitaan KPK menerangkan cegah ke luar negeri tersebut diberlakukan terhadap dua orang pejabat internal di PT HK (Persero) dan satu orang pihak swasta.

BACA JUGA  Kaum Koto Hibahkan Tanah ke Pemerintah Kota Padang Untuk Pembangunan SMP Negeri

Pengajuan cegah ini adalah yang pertama dan dapat diperpanjang lagi sesuai dengan permintaan tim penyidik KPK.

KPK juga meningkatkan agar para pihak dimaksud untuk dapat selalu hadir dalam setiap proses pemanggilan dan pemeriksaan tim penyidik.

Untuk diketahui, Komisi Pemberantasan Korupsi hari ini mengumumkan dimulainya penyidikan dugaan korupsi terkait pengadaan lahan di sekitar Tol Trans Sumatera.

“Karena adanya indikasi kerugian keuangan negara yang timbul dalam proses pengadaan lahan di sekitar Tol Trans Sumatera yang dilaksanakan oleh salah satu BUMN PT HK (Persero). Komisi Pemberantasan Korupsi kemudian menindaklanjuti-nya dengan melakukan penyidikan,” ujar Ali Fikri.

BACA JUGA  Jokowi Perintahkan Menteri Syahrul Perbaiki Mekanisme Penyaluran Pupuk Subsidi

Selain itu, Ali Fikri juga mengatakan KPK juga telah menetapkan sejumlah pihak sebagai tersangka dengan dimulainya penyidikan tersebut.

Namun, sesuai dengan kebijakan lembaga antirasuah, siapa saja para pihak yang ditetapkan sebagai tersangka beserta uraian lengkap perkara akan disampaikan saat dilakukan penahanan terhadap para tersangka.

“Paparan lengkap perkaranya termasuk para pihak yang ditetapkan sebagai Tersangka akan kami umumkan saat proses pengumpulan alat bukti ini telah tercukupi,” ujarnya.

Namun, Ali Fikri mengatakan perkembangan penyidikan perkara tersebut akan disampaikan secara berkala.

BACA JUGA  Perlu Diketahui 5 Manfaat Akar Alang-alang Untuk Kesehatan

Juru bicara bidang penindakan KPK itu juga mengajak masyarakat untuk mengawal jalannya proses penyidikan dan meminta masyarakat untuk tidak segan melapor ke KPK apabila mempunyai informasi yang relevan terkait perkara tersebut.

“Setiap perkembangan dari penyidikan perkara akan kami sampaikan bertahap pada publik,” ucapnya.

Iklan

Latest News

Hendri Septa Ajak Kaum Muslim Sambut Muharram 1446 H dengan Peningkatan Takwa dan Keimanan

Lubeg, Radar Berita Indonesia | Bakal calon Wali Kota Padang H. Hendri Septa, B.Bus., MIB,. Datuak Alam Batuah sangat mengapresiasi...

Artikel Lain Yang Anda Suka