Senin, Mei 20, 2024
No menu items!

Kunyit Putih Bermanfaat Untuk Asam Lambung

Must Read
Radar BI | Kunyit putih untuk asam lambung merupakan salah satu cara pengobatan herbal yang populer di Indonesia.

Dikatakannya, senyawa yang terkandung dalam kunyit putih dapat membantu mengatasi asam lambung dan membuat perut terasa nyaman.

Kunyit putih merupakan tanaman herbal yang tumbuh subur di Indonesia, Cina, India, dan Thailand. Rempah dengan nama latin Curcuma zedoaria ini sering digunakan untuk membantu menurunkan demam, mengatasi diare, menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida, serta meningkatkan kesuburan.

Selain itu kunyit putih juga sering digunakan sebagai solusi mengatasi penyakit asam lambung. Namun, apakah manfaat tersebut benar-benar dapat dibuktikan secara medis?

BACA JUGA  Aksi Heroik Bripka Suryadi, Padamkan Api Mobil Milik Warga Terbakar di Tanah Datar

Manfaat Kunyit Putih untuk Asam Lambung
Penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) terjadi ketika cairan asam dari lambung naik ke kerongkongan dan menyebabkan iritasi.

Kondisi ini membuat dada terasa panas dan perut menjadi nyeri. Untuk mengatasinya, beberapa orang menggunakan kunyit putih sebagai pengobatan alami.

Kunyit putih kaya akan senyawa tumbuhan, seperti kurkumin dan terpenoid, yang berfungsi sebagai antioksidan dan antiinflamasi.

Berkat khasiat tersebut, kunyit putih dikenal dapat menetralkan asam lambung dan mengurangi peradangan pada kerongkongan akibat asam lambung yang meningkat.

BACA JUGA  Pemerintah Tambah Anggaran Bansos Kepada Anak Yatim Piatu, Lansia Tunggal dan Penyandang Disabilitas

Hal ini juga dibuktikan dengan penelitian yang menyebutkan bahwa curcumin memiliki efek yang mirip dengan lansoprazole. Senyawa kurkumin dapat mencegah peradangan pada kerongkongan dan meredakan gejala penyakit asam lambung.

Meski begitu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai efektivitas dan keamanannya. Masalahnya, beberapa orang justru mengeluhkan gejala penyakit asam lambung yang semakin parah saat mengonsumsi kunyit.

Untuk mendapatkan manfaat kunyit putih untuk asam lambung, Anda bisa menggunakan tanaman herbal ini dalam bumbu masakan atau menyeduh bubuk kunyit putih sebagai teh.

Selain menggunakan kunyit putih, Anda bisa mengonsumsi makanan penurun asam lambung, seperti:

BACA JUGA  5 Khasiat Buah Pinang Muda Untuk Kesehatan

• Sayuran, seperti kacang hijau, kangkung, bayam, kembang kol, atau brokoli

• Buah-buahan, seperti pisang , melon, semangka, atau mentimun

• Biji-bijian utuh, seperti beras merah atau oatmeal

• Air lemon dan madu

Pastikan juga Anda makan dengan perlahan, jangan berbaring setelah makan, hindari minuman beralkohol, batasi minuman berkafein, dan berhenti merokok untuk mencegah kambuhnya gejala asam lambung.

Setelah mengetahui fakta di atas, tidak ada salahnya menggunakan kunyit putih untuk asam lambung.

Namun, jika Anda sedang mengonsumsi obat pengencer darah dan menderita diabetes, sebaiknya batasi konsumsi kunyit putih, ya. Masalahnya, zat aktif dalam kunyit putih bisa memperburuk kondisi medis.

BACA JUGA  Paulus Waterpauw, Putra Asli Papua Jabat Kabaintelkam Polri

Jika ingin memanfaatkan kunyit putih untuk mengatasi asam lambung, sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter , ya. Apalagi jika Anda memiliki kondisi medis tertentu atau sedang hamil dan menyusui.

Sumber: Alodokter.

Iklan

Latest News

Pasca Bencana Banjir Bandang di Sumbar, Wagub: Tagana Garda Terdepan Kemensos dalam Membantu Korban Bencana

Batusangkar, Radar BI | Kondisi bebatuan sekitar Marapi yang rapuh, kelerengan yang terjal dan curah hujan tinggi membuat daerah...

Artikel Lain Yang Anda Suka