Beranda INFO POLRI Polda DIY Tetapkan 5 Tersangka Terkait Penyelundupan Ganja Kering

Polda DIY Tetapkan 5 Tersangka Terkait Penyelundupan Ganja Kering

Polda DIY berhasil mengungkap kasus penyalahgunaan narkotika berjenis ganja.
Radar BI, Yogyakarta | Polda DIY berhasil mengungkap kasus penyalahgunaan narkotika berjenis ganja. Sebanyak 5 orang telah ditetapkan sebagai tersangka atas penyalahgunaan narkotika itu.

“Pengungkapan ganja dengan barang bukti berhasil diamankan seberat 7,573 kilogram ini termasuk besar di Yogyakarta,” Kasubid Penmas Polda DIY, AKBP Verena di Mapolda DIY pada Rabu (05/01/2022).

Para tersangka tersebut terdiri dari RD (berusia 24 tahun) asal Medan, DD (berusia 18 tahun) asal Sleman, BM (berusia 19 tahun) asal Deli Serdang, MA (berusia 51 tahun) asal Bandung, dan AS (berusia 38 tahun) asal Bogor. Para tersangka tersebut ditangkap di tempat terpisah.

BACA JUGA  16 Kg Sabu dengan Modus Terbaru, Berhasil Diungkap Ditrenarkoba Polda Sumsel
BACA JUGA  Empat Pengedar Narkoba Jaringan Kaltim-Kaltara di Tangkap Polisi, Terancam Pidana Mati

Selain mengamankan tersangka polisi juga menyita barang bukti berupa ganja kering dari pelaku masing-masing dari RD seberat 3.560 gram. Lalu dari DD ganja seberat 2.100 gram dan 10 puntung ganja 4,56 gram.

Kemudian dari tersangka BM petugas menyita 4 puntung ganja 1,79 gram. Lalu dari MA berupa paket ganja berat total 1.347 gram dan dari tersangka AS berupa paket ganja berat total 565 gram.

Sementara itu, Wakil Direktur Reserse Narkoba Polda DIY, AKBP Bakti Andriyono mengatakan bahwa ganja tersebut tadinya diduga akan diperuntukkan saat pesta natal dan tahun baru. Namun saat peredarannya di Yogyakarta, tersangka keburu ditangkap aparat.

BACA JUGA  Dispora Tak Kunjung Cairkan Dana, Sirodjudin: Kami Bisa Berangkatkan Para Atlet Kempo Terbaik Demi Menjaga Marwah Kabupaten Sukabumi
BACA JUGA  Kalapas Banyuwangi Komitmen Berantasan Pungli Hingga Peredaran Narkoba di Dalam Lapas

“Rencananya mau digunakan untuk nataru. Rencana tersangka sebetulnya tidak hanya pingin ke Jogja tapi sampai ke Bali cuma sudah berhasil menghentikan di Jogja,” tutur AKBP Bakti Andriyono.

Wakil Direktur Reserse Narkoba Polda DIY mengatakan ganja tersebut sejauh ini dipasarkan dari Medan ke Bogor, Bandung dan juga Yogyakarta. Adapun pemasaran tersangka melalui pertemuan dengan pembeli secara touring.

“Sebetulnya mau sampai ke Bali. Kebetulan tersangka ini adalah petualang jadi punya hobi touring jadi sebagai sesuatu marketing,” jelas Perwira Menengah Polda DIY.

BACA JUGA  Polda Jatim Gagalkan Peredaran 6 Kg Sabu di Surabaya
BACA JUGA  Gelar Operasi Gabungan, Ditlantas Polda Metro Jaya Tindak 1.109 Kendaraan

Sumber: Humas Polri.

Facebook Comments

Artikel sebelumyaSatgas Madago Raya Baku Tembak dengan Teroris MIT, 1 DPO Ditembak Mati
Artikel berikutnyaPolda Sumut Ringkus 5 Tersangka Penyelundupan Pekerja Migran yang Tenggelam di Perairan Malaysia