Beranda UMUM Rapat Pembentukan LPK Buana Karya Nusantara, Divisi Yayasan Bina Wirada Buana di...

Rapat Pembentukan LPK Buana Karya Nusantara, Divisi Yayasan Bina Wirada Buana di Green Hill Resort Cianjur

Pembentukan LPK Buana Karya Nusantara, Divisi Yayasan Bina Wirada Buana di Green Hill Resort Cianjur.
Cianjur, Radar BI | Rapat pembentukan Pengurus LPK Buana Karya Nusantara sebagai salah satu divisi dari Yayasan Bina Wiraga Buana yang diselenggarakan di Green Hill Resort Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur mulai jam 13.00 sampai dengan 18.00 WIB pada hari, Kamis (9/6/2022).

Pelaksanaan rapat tersebut dihadiri oleh Ketua Yayasan Bina Waraga Buana Jujun Junaedi, Ketua LPK buana Karya Nusantara Muhammad Lutfiana. Pembina Radar Bhayangkara Indonesia H. Olih Solihin, Kepala Divisi Usaha Radar Bhayangkara Indonesia Sofyan Hadi, S.Sos dan Sekretaris Radar Bhayangkara Indonesia Kabiro Kabupaten Cianjur H. Chaerul As’ari S.Pd.I.

Dalam acara tersebut selain pembentukan struktur kepengurusan juga pihak Yayasan meminta saran dan pandangan kepada H. Olih Solihin, SH sebagai pembina di Radar Bhayangkara Indonesia Kabiro Kabupaten Cianjur mengenai bagaimana prosedur pembuatan sebuah LPK.

BACA JUGA  Marak BTS di Bekasi Tak Berizin, Kampak Mas: Satpol PP Wajib Segera┬áSegel
BACA JUGA  Kapolda Sumsel Melalui Direktur Intelkam Polda Sumsel Bagikan Bantuan Sosial Kepada Masyarakat

Untuk membuat LPK (Lembaga Pelatihan dan Kursus), yang kebetulan bidangnya pertanian yang memang belum ada di Cianjur, harus berinduk kepada yayasan yang kebetulan yayasannya sudah ada.

Syarat selanjutnya adalah harus mempunyai tempat yang bersertifikasi, telah memiliki struktur kepengurusan dan anggota kelompok tani. Ada ketua dewan pembina, dewan penasihat dan dewan pengawas, ujar Olih saat diwawancara seusai acara.

“Jadi diperlukan pemahaman-pemahaman untuk melakukan proses pengurusan ijin pendirian LPK kepada pemerintah daerah, Inshaa Allah pihak kami akan membantu proses ke Disnaker (Dinas Tenaga Kerja)”. Lanjut Olih.

BACA JUGA  Bule Perampok Pasutri WN Italia Mantan Anak Buah, Incar Bitcoin Korban
BACA JUGA  2 Anggota Teroris KKB Tewas Baku Tembak dengan Aparat TNI dan Polri di Papua

“Maksud dan tujuan didirikannya LPK Pertanian, pertama membantu masyarakat dalam bidang pertanian agar lebih maju, kedua adalah untuk ketahanan pangan. Apalagi di Kabupaten Cianjur sebagai basis pertanian, sehingga dengan hadirnya LPK pertanian itu kita bisa merangkul para petani milenial”, lanjut Olih.

“Belum lagi potensi budidaya ikan di jangari yang perputaran uang nya bisa mencapai milyaran perhari, jumlah petani di wilayah tersebut berkisar tujuh puluh ribu. Tentunya kalau kita gali dan kita bina akan lebih potensial, kita bisa memproduksi pakan ikan.

Lalu keluhan petani petambak ikan di Jangari tentang gangguan tanaman eceng gondok yang sulit dikendalikan, kenapa tidak nanti kita bisa memproduksi alat yang bisa membantu petani petambak disana dan memanfaatkan eceng gondok menjadi pupuk hayati.

BACA JUGA  Dana APBD, Kepala Desa Cluring Sulap Mobil Dinas Plat Merah Jadi Plat Hitam
BACA JUGA  Perkosa 12 Santriwati, Guru Pesantren: Kamu Harus Taat Pada Guru

Kita juga bisa memberi pengetahuan bagaimana memelihara kondisi lingkungan disekitarnya agar terjadi keseimbangan alam. Alhamdulillah kita juga sudah menjajagi kerjasama dengan pihak perguruan tinggi yang ada di Cianjur. Salah satunya Universitas Suryakancana (Unsur), pihak Unsur kini telah melakukan kajian-kajian ilmiah memanfaatkan eceng gondok”, terang Olih.

Ketika jurnalis Radar BI bertanya tentang hal lain mengenai kapan waktu pelaksanaan kerjasama internal antara PT Radar Bhayangkara Indonesia dengan PT. Indolima Duta Bangun dalam bidang usaha berkenaan dengan follow Up MOU yang telah diaepakati, H. Olih Solihin mengatakan bahwa pihaknya telah menghubungi Ketua PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia) wilayah Sukanagara Cianjur.

“Pihak PGRI Sukanagara menyambut baik presentasi usaha kita dan meminta untuk dilakukannya tindak lanjut yaitu pengadaan sampel dan demo lalu akan dihadiri oleh ketua-ketua PGRI wilayah Kabupaten Cianjur, dalam pertemuan selanjutnya akan dibahas mengenai teknis pemesanan barang dan hal-hal lainnya, kata Olih.

BACA JUGA  Berkas Kasus Dugaan Penipuan Rekrutmen CPNS Anak Nia Daniaty Dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri
BACA JUGA  Percepatan Vaksin, Polres Majalengka Penting kesadaran Masyarakat Peduli Kesehatan

Kemudian dalam waktu dekat ini presentasi usaha akan dilanjutkan dengan Apdesi (Asosiasi Perangkat Desa) Kabupaten Cianjur.

“Mudah-mudahan semua rencana kita tidak ada halangan dan bisa berjalan sesuai agenda yang telah disepakati”, pungkas Olih.

Sumber: Chaerul As’ari.

Facebook Comments

Artikel sebelumyaGrup A Kualifikasi Piala Asia 2023, Timnas Indonesia Kalahkan Kuwait
Artikel berikutnyaKepolisian Bern Swiss Temukan Jenazah Eril Anak Ridwan Kamil di Sungai Aare