Beranda DAERAH Saat Mudik Dilarang, 85 WN Tiongkok Masuk Indonesia Gunakan Pesawat Sewaan

Saat Mudik Dilarang, 85 WN Tiongkok Masuk Indonesia Gunakan Pesawat Sewaan

Tiongkok
Pemerintah Indonesia diminta tidak inkonsisten dalam kebijakan pengendalian Covid-19. Pernyataan itu disampaikan terkait masuknya warga negara Tiongkok ke Indonesia di tengah kebijakan larangan mudik Lebaran.

“Jangan sampai publik menilai pemerintah inkonsisten dalam kebijakan pengendalian pandemi Covid-19,” tegas Anggota Komisi IX DPR Netty Prasetiyani, seperti dikutip dari Kompas.com, Jumat (07/05/2021).

Lebih lanjut, Politikus PKS tersebut meminta pemerintah dapat menjelaskan tujuan datangnya warga negara Tiongkok tersebut ke Indonesia.

BACA JUGA  Larangan Mudik Lebaran, Polda Banten Siapkan 16 Posko Check Point dan Posko Penyekatan

“Agar isu ini tidak menjadi bola liar, pemerintah harus terbuka menjelaskan ke publik alasan dan tujuan WN Cina tersebut masuk Indonesia. Masyarakat saat ini sedang sensitif, pemerintah seharusnya peka,” ujar Netty.

“Masyarakat dilarang mudik, tetapi WN Cina bebas masuk ke Indonesia, ini yang membuat masyarakat tidak terima,” tambahnya.

Di samping itu, Netty menegaskan pemerintah wajib melakukan pemeriksaan protokol kesehatan secara ketat terhadap WNA yang masuk Indonesia.

Mengingat baru-baru ini ada kejadian mafia karantina dan mafia alat rapid test bekas yang membuat Indonesia malu di mata internasional.

BACA JUGA  Korlantas Polri Tak Rekomendasikan Masyarakat Mudik Sebelum 6 Mei

“Kalau ini terjadi lagi, bisa-bisa negara kita bakal disepelekan. Orang luar bisa berpikir kalau ada uang, semua peraturan di Indonesia bisa dikompromikan,” kata Netty.

Berkaca pada pelajaran lebaran tahun lalu, Pemerintah menerapkan peniadaan mudik mulai 6-17 Mei 2021. Tujuannya, untuk menekan laju penyebaran Covid-19 yang hampir dipastikan terjadi pasca-libur Panjang

Selain itu, dalam perkembangan terbaru Covid-19. Pemerintah juga mengungkapkan jika terdeteksi mutasi varian baru Covid-19 dari India dan Afrika Selatan di Indonesia. Dua kasus mutasi varian baru Covid-19 dari India, terdeteksi ada di Jakarta.

BACA JUGA  Polda Sumsel Luncurkan Layanan Mobile Vaksin Covid-19 Pintu ke Pintu Untuk Lansia

Sementara, mutasi varian baru Covid-19 dari Afrika Selatan ada di Bali.

Di tengah situasi tersebut, Selasa (04/05/2021), sebanyak 85 WNA asal Tiongkok tiba di Indonesia menggunakan pesawat China Southern Airlines (charter flight) dengan nomor penerbangan CZ8353 dari Shenzhen di Terminal 3 Kedatangan Internasional Bandara Soekarno-Hatta.

Facebook Comments