Terbesar Sepanjang Sejarah, Polisi Sita Ganja 6 Ton di Spanyol

Ganja
Jakarta, Radar BI | Kepolisian Spanyol mengumumkan penyitaan enam ton ganja setelah membongkar sebuah perkebunan ilegal di dekat Barcelona pada hari Kamis (7/7/2022). Jumlah ganja yang disita merupakan yang terbesar sepanjang sejarah di Spanyol.

Dalam operasi tersebut polisi menyita “lebih dari enam ton ganja, di antaranya adalah 3,5 ton tunas dalam kantong termal yang dikemas vakum,” ujar Polisi Nasional dan Polisi Sipil Guardia dalam sebuah pernyataan bersama yang dilansir dari AFP.

BACA JUGA  Polisi Gagalkan Pengiriman 64 Kg Ganja Kering Via Ekspedisi
BACA JUGA  Polda Jateng Ungkap Money Laundering Senilai 4 Miliar Hasil Bisnis Narkoba

Penyelidikan dimulai pada Maret 2021 ketika penyelidik menemukan sebidang tanah seluas 32 hektare di Vilassar de Mar, sekitar 30 kilometer (18 mil) di pantai dari Barcelona yang digunakan untuk menanam rami, atau tanaman ganja, di sebuah skala industri.

Tetapi tanda-tanda yang dipasang di sekitar lokasi yang mengindikasikan terjadinya pelanggaran. Polisi dengan cepat menyadari bahwa itu digunakan untuk penanaman ganja skala besar.

Polisi menjelaskan ribuan tanaman ditanam di gudang dan rumah kaca yang berbeda, semuanya dipantau dengan cermat oleh lebih dari 100 kamera.

BACA JUGA  Kapolda Sumut Cek Kesiapan PSU di Tiga Kabupaten
BACA JUGA  Polres Metro Tangerang Kota Tangkap 1 Begal Ponsel di Jatiuwung dan 4 Orang Masih DPO

Lokasi tersebut, yang juga secara ilegal memanfaatkan jaringan listrik, telah beroperasi setidaknya sejak 2018.

Selama operasi, polisi menangkap lima orang, yang didakwa dengan kejahatan terhadap kesehatan masyarakat dan penipuan listrik.

Mereka juga menemukan 17 kilogram damar ganja, yang mulai diproduksi oleh geng tersebut.

Setelah beberapa dekade sebagai pintu gerbang ganja Maroko untuk memasuki Eropa, Spanyol kini berubah menjadi pusat produksi ganja dengan jumlah perkebunan ilegal yang berlipat ganda. Hal itu menarik geng kriminal dari seluruh benua.

BACA JUGA  Pelaku Begal Payudara di Sragen Ditangkap, Polisi Periksa Kejiwaan Tersangka
BACA JUGA  Ilegal Driling di Muba, 1000 Lebih Sumur Minyak Ilegal Ditemukan

Sumber: Humas Mabes Polri.

Facebook Comments

Artikel sebelumyaHUT Bhayangkara ke-76, Dedi Prima Apresiasi Kinerja KBPP Polri Mewujudkan Indonesia Tangguh dan Indonesia Tumbuh
Artikel berikutnyaKementerian Agama Resmi Cabut Izin Pesantren Majma’al Bahrain Shiddiqiyyah di Jombang