Tinjau Lokasi Ibu Kota Negara, Kapolri Ingin Pastikan Proses Pembangunan Berjalan Lancar

86
Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si meninjau langsung perkembangan proses pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di Penajam Paser Utara.
Radar BI | Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si meninjau langsung perkembangan proses pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Sabtu (29/1/2022).

Kapolri menuturkan, kunjungan dirinya bersama dengan pihak kementerian terkait dan Forkopimda Kaltim serta pejabat utama Mabes Polri ini, untuk memastikan perkembangan pembangunan IKN berjalan sesuai tahapan yang direncanakan.

“Tentunya kita ingin tahu secara langsung kondisi di lapangan terkait dengan penjadwalan yang ada, apakah di dalam pelaksanaannya masih ada kendala atau tidak,” jelas Kapolri.

BACA JUGA  Kapolda Terima Bansos 10 Ton Beras, 1 Unit Ambulance dan 1000 Karton Mie Instan dari Gapkindo Sumsel
BACA JUGA  Pemeriksaan 2 Pejabat Telkomsel Atas Dugaan Korupsi Rp300 Miliar Ditunda

Selain proses pembangunan, Jenderal Bintang Empat itu juga menekankan, kunjungannya juga untuk melihat dan mendengar serta memberikan arahan untuk mengantisipasi segala bentuk gangguan ataupun permasalahan yang dapat mengganggu progres dari pembangunan tersebut.

“Kita ingin tahu kondisi di lapangan dan kemudian kita bisa ikut membantu progres pembangunan bisa berjalan sesuai tahapan,” jelasnya.

BACA JUGA  Polda Sumbar Jaring 55.905 Pelanggar Prokes dengan Denda Capai Rp.56 Juta
BACA JUGA  Polisi Benda Mencurigakan di Cipinang Ternyata Bom Palsu

Sebagaimana diketahui, UU IKN telah ditetapkan. Untuk itu, ia meminta semua stakeholder untuk memastikan perkembangan pembangunan ibu kota negara segera dilaksanakan dan semuanya bisa berjalan dengan aman dan lancar.

Dari beberapa diskusi saat kunjungan kali ini, Kapolri menyampaikan memang ada sedikit permasalahan dalam pembangunan IKN. Namun, semua dilakukan melalui jalur musyawarah maupun proses yang sudah disiapkan.

“Sehingga secara umum untuk progres pembangunan IKN tak ada kendala yang berarti,” ucap Mantan Kabareskrim Polri itu.

BACA JUGA  Polda Jambi Buru Pertambangan Minyak Tanpa Izin
BACA JUGA  Polisi Tangkap 3 Pelaku Pembunuhan Sopir Taksi Online yang Jasadnya Buang di Kali BKT

Lebih lanjut, mantan Kapolda Banten ini mengatakan, IKN ke depan bukan hanya sekedar membangun suatu Ibu Kota baru, tapi bagaimana ke depan Pemerintah menyiapkan kebutuhan untuk seluruh masyarakat.

Ia pun menjelaskan, dengan adanya pembangunan ibu kota baru dengan nama nusantara ini, maka pemerataan pembangunan dan ekonomi akan terjadi dan kemudian juga beban yang selama ini terjadi di Ibu Kota Jakarta bisa terbagi.

“Kita lihat konsepnya Ibu Kota yang dibangun memiliki konsep smart forest dan itu sejalan dengan apa yang menjadi kesepakatan internasional dimana yang menjadi rencana pembangunan ibu kota nanti memiliki visi yang ramah lingkungan dan menjadi harapan, bisa menjadi kebanggaan kita semua,” jelasnya lebih lanjut.

BACA JUGA  Kesal!, Penagih Utang Dibunuh Oleh Ibu Rumah Tangga
BACA JUGA  Kesal!, Penagih Utang Dibunuh Oleh Ibu Rumah Tangga

Belajar dari keberhasilan negara lain yang memindahkan Ibu Kota Negara, mantan Kadiv Propam Polri ini berharap Ibu Kota Negara yang baru ini bisa menjadi Ibu Kota Negara terbaik di dunia.

“Kita lihat di beberapa negara dengan memindahkan ibu kotanya sehingga menjadi ibu kota terbaik di dunia dan kita harap IKN menjawab tantangan itu. Selain itu terjadi pemerataan pembangunan, ekonomi, menjadi kota ramah lingkungan dan dikenal dunia,” tandasnya.

Sumber: Humas Polri.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini