Beranda INFO POLRI Tinjau Sat Binmas Polres Binjai, Iptu Tri Eko: Siskamling Bergam Jadi Percontohan...

Tinjau Sat Binmas Polres Binjai, Iptu Tri Eko: Siskamling Bergam Jadi Percontohan Link.13 Kelurahan Bergam Binjai

Tim juri Sat Binmas Polres Binjai Iptu. Tri Eko dan Iptu. Budi Sihotang, Sat Binmas Polres Binjai meninjau pos siskamling lingkungan tiga belas, Jalan Pradana Raya, Perumnas Bergam.
Binjai, Radar BI | Tim juri Sat Binmas Polres Binjai Iptu. Tri Eko dan Iptu. Budi Sihotang, Sat Binmas Polres Binjai meninjau pos siskamling lingkungan tiga belas, Jalan Pradana Raya, Perumnas Bergam, Kelurahan Bergam, Kecamatan Binjai Kota salah satu pos siskamling percontohan terbaik di wilayah hukum Polres Binjai.

GMP. Nainggolan Babinkamtibmas di Kelurahan Bergam, Kecamatan Binjai Kota dan Jaini tokoh masyarakat setempat (Kepling) terlihat menyambut kedatangan tim juri penilai dari Sat. Binmas Polres Binjai tersebut guna memberikan penjelasan berbagai hal termasuk penerapan sistim penjagaan oleh masyarakat.

GMP. Nainggolan memberikan penyuluhan keamanan lingkungan (Kamling) dengan tema mewujudkan partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan sistim keamanan lingkungan (Siskamling) yang kondusif.

BACA JUGA  Sengketa Tanah di Cibinong, Penggugat Kembali Hadirkan Saksi di Persidangan
BACA JUGA  Gara-gara Sumbangan 2 Triliun, Kapolda Sumsel Diperiksa Propam Mabes Polri

Iptu Tri Eko serta Iptu Budi Sihotang tim juri Sat Binmas Polres Binjai meninjau pos siskamling mengatakan, penilaian ini sebagai rangkaian lomba Pos Siskamling tingkat kabupaten yang diadakan Polres Binjai dalam memeriahkan HUT Bayangkara ke-76 tahun 2022.

Siskamling juga bisa dijadikan sebagai sarana untuk memupuk tali silaturahmi dan mendisiplinkan diri, sebagai bentuk tanggungjawab terhadap lingkungan.

Seperti pos Siskamling Perumnas Bergam, Kelurahan Bergam ini misalnya, kini pos tersebut menjadi percontohan untuk mewakili lomba Satkampling.

BACA JUGA  Babinkantibmas Kelurahan Bergam Aiptu. GMP. Nanggolan: Siskamling Jaga Silaturahmi dan Perkuat Hubungan Antar Masyarakat
BACA JUGA  Peringati HPN 2022, DPC MOI Bekasi Raya Adakan Bakti Sosial

Penilaian lomba Satkampling, berdasarkan fisik, kerapihan, kebersihan dan perlengkapan serta jadwal kegiatan di Pos Siskamling yang bersangkutan, ujarnya Iptu Tri Eko pada hari Senin (20/6/2022).

Iptu. Tri Eko Sat.Binmas Polres Binjai menyampaikan, bahwa pos siskamling Ling Tiga Belas, Jalan Pradana Raya, Kelurahan Bergam, Kecamatan Binjai Kota dinilai salah satu pos siskamling terbaik dijajaran Polres Binjai.

Akan didatangi oleh Sat. Binmas Polda Sumut untuk memberikan penilaian dalam katagori perlombaan pos siskamling terbaik tingkat Provinsi Sumut jajaran Polda Sumut. Jadi kita kemarin melihat berbagai kesiapan yang dilakukan oleh pos siskamling lingkungan tiga belas, Jalan Pradana Raya, Perumnas Bergam ini, ujarnya.

BACA JUGA  Sosok Sujito, Mantan Calon Wali Kota Jadi Otak Penembakan Wartawan Media Online di Simalungun
BACA JUGA  Waspada Modus Baru Pembajakan WhatsApp, Berikut Himbauan Bareskrim Polri

Sementara itu, Aiptu. GMP. Nainggolan Babinkamtibmas Kelurahan Bergam Kecamatan Binjai Kota saat mengatakan bahwa kedatangan Sat. Binmas Polres Binjai untuk melihat kondisi Pos siskamling di Ling Tiga Belas.

Sat. Binmas Polres Binjai merasa puas dengan kondisi pos siskamling ditempat ini. Disamping itu, tim juga ingin mengetahui bagaimana sistim atau tata cara penjagaan oleh masyarakat di Lingkungan ini, tuturnya.

Tokoh masyarakat setempat Jaini menyampaikan, kami merasa puas mendapatkan penjelasan serta masukan berbagai hal. Salah satunya penjelasan bahwa pos siskamling tidak saja berpungsi sebagai pos penjagaan gangguan Kantibmas. Tetapi juga berfungsi untuk mengetahui kenaikan debit air sungai, kebakaran serta berbagai hal lain.

BACA JUGA  Nasib Naas, Pria ini Dikeroyok Saat Berboncengan Dengan Istri, 2 Pelaku Diamankan Polres Maros
BACA JUGA  Bareskrim Polri Kirim Lagi Berkas Kasus Unlawful Killing 4 Laskar FPI ke Kejaksaan

Keragaman masyarakat setempat dan pembinaan generasi muda tetap di lakukan dengan melibatkan mereka dalam penjagaan, panitia hari hari besar keagamaan dan hari hari besar Nasional, jelas Jaini kepada awak media Radar Bhayangkara Indonesia, Jum’at (24/6/222) Pagi.

Jaini juga mengatakan, masyarakat Perumnas Bergam, Kelurahan Bergam, Kecamatan Binjai Kota, beserta elemen, perangkat dan anggota linmas yang terlatih, secara bergiliran, rajin dan kompak dalam melaksanakan siskamling.

Kegiatan tersebut, sudah sejak lama dilakukan dalam menjaga dan memelihara kamanan dan ketertiban lingkungan. Kesadaran akan pentingnya siskamling, sebagai bagian dari kewajiban juga sudah tertanam dan melekat di masyarakat.

BACA JUGA  Gagalkan Penyelundupan 158 Kg Ganja ke Sumut, Polres Gayo Lues Tangkap 3 Tersangka
BACA JUGA  Tiga Tersangka Perampokan di Pulogadung Pakai Modus Ban Bocor

Sehingga masyarakat sudah terbiasa untuk melakukannya sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Aktifitas yang dapat mengantisipasi berbagai kejadian di masyarakat, pungkasnya.

Sumber: Syafi’i.
Editor: Prima Putra.

Facebook Comments

Artikel sebelumyaCorps HUT ke-76 Pomad, Letkol Cpm P. Tanjung: Prajurit TNI Sifat Ksatria, Sifat Bijaksana, Pantang Mundur, Kebesaran Hati dan Kejujuran
Artikel berikutnya8 Ibu Muda Jadi Korban Penipuan Pria Hidup Belang yang Ngaku Single di Medsos