Babinkantibmas Kelurahan Bergam Aiptu. GMP. Nanggolan: Siskamling Jaga Silaturahmi dan Perkuat Hubungan Antar Masyarakat

99
Lingkungan tiga belas Jalan Pradana Raya, Perumnas Bergam, Kelurahan Bergam, Kecamatan Binjai Kota dalam membentuk sistim keamanan lingkungan.
Binjai, Radar BI | Siskamling adalah sinergitas seluruh komponen masyarakat dan pemerintah untuk bersatu padu bekerja sama mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat.

Kemajemukan masyarakat Indonesia terdiri dari berbagai suku merupakan anugrah dari sang pencipta. Kemajemukan tersebut justru dapat menciptakan rasa kebersamaan diantara sesama masyarakat itu sendiri dalam dalam satu wadah.

Hal ini terlihat dari kerjasama masyarakat serta aparatur pemerintah seperti kepling dan Babinkantibmas lingkungan tiga belas Jalan Pradana Raya, Perumnas Bergam, Kelurahan Bergam, Kecamatan Binjai Kota dalam membentuk sistim keamanan lingkungan di tempat mereka berada.

BACA JUGA  Kementerian BUMN Apresiasi Kinerja Bripka Alegs Minatase Polda Sumbar Ditengah Pandemi
BACA JUGA  Hendra Kurniawan di Pecat Tidak Hormat dari Polri
Radar Berita Indonesia
Dari hasil pantauan awak media dilapangan pada hari, Minggu (12/6/2022) gotong royong dalam membersihkan serta merawat pos jaga malam. Hal ini tetap dilakukan bersama antara Kepling dan masyarakat gelak tawa serta canda terdengar diantara sesama mereka saat bekerja.

Ditempat terpisah salah tokoh masyarakat setempat, Jaini menyampaikan bahwa rapat bersama masyarakat sering dilakukan guna memutuskan atau membentuk sesuatu di tempat kami ini tutur Kepling tersebut. Kegiatan Siskamling (Sistem Keamanan Lingkungan).

BACA JUGA  Musyawarah Mufakat, Muhaimin Iskandar: Berpikirlah Seperti Orang Minang
BACA JUGA  Kapolda Jateng Tegaskan Anggota Polri Terlibat Judi Akan Dicopot

Selain untuk menjaga keamanan dan ketertiban juga bermanfaat menjaga silaturahmi dan memperkuat peseduluran, sehingga tercipta masyarakat yang guyub, rukun dan kompak.

Kegiatan Siskamling juga merupakan salah satu upaya masyarakat mencintai tanah airnya, karena Siskamling merupakan salah satu bentuk bela negara, tuturnya.

“Saya berharap, pelaksanaan Siskamling yang baik di wilayah Lingkungan tiga belas Jalan Pradana Raya, Perumnas Bergam, Kelurahan Bergam, Kecamatan Binjai Kota menjadi inspirasi bagi kelurahan atau desa lainnya. Sehingga akan tercipta lingkungan yang kondusif, mewujudkan Perumnas Bergam yang aman dan terhindar dari permasalahan keamanan,” ujarnya.

BACA JUGA  Polda Bali Dirikan Dapur Umum Untuk Korban Banjir
BACA JUGA  Wanita Berhijab Matikan Salawat Tarhim Sebelum Azan Subuh di Masjid Wisma Cakra Viral di Medsos

Sementara itu, Polres Binjai, Polsek Binjai Kota, Babinkantibmas Kelurahan Bergam, Kecamatan Binjai Kota Aiptu. GMP. Nanggolan mengatakan, siskamling yang dilaksanakan oleh warga Kelurahan Kelurahan Bergam, Babinkantibmas sangat menyambut baik karena esensinya akan menggelorakan kembali semangat gotong royong dan Siskamling yang saat ini mulai luntur.

Radar Berita Indonesia
Poto bersama Babinkantibmas Kelurahan Bergam, Kecamatan Binjai Kota Aiptu. GMP. Nanggolan dengan masyarakat setempat.

Siskamling merupakan agenda utama di lingkungan kami ini selain menjaga gangguan Kantibmas yang berfungsi juga untuk memberikan imformasi pada masyarakat tentang bahaya lain seperti banjir, kebakaran dan hal lain.

Paling utama adalah memperkuat hubungan tali silaturahmi di antara masyarakat kami di tempat ini, tuturnya Aiptu. GMP. Nanggolan kepada media Radar Bhayangkara Indonesia pada hari Rabu, (21/6/2022).

BACA JUGA  Polri Jelaskan 12 Tersangka Teroris di Jakarta Tidak Terafiliasi JAD dan JI
BACA JUGA  Kementerian BUMN Apresiasi Kinerja Bripka Alegs Minatase Polda Sumbar Ditengah Pandemi

Menurut Aiptu. GMP. Nanggolan, gangguan Kamtibmas sangat rentan terjadi dan menjaga keamanan bukan hanya menjadi tanggung jawab aparat keamanan dan penegak hukum. Namun sangat dibutuhkan peran serta masyarakat dalam rangka menjaga kondusifitas wilayah dan sudah seharusnya keamanan di tiap wilayah menjadi tanggung jawab masing – masing masyarakat yang menempatinya.

Keamanan adalah investasi yang merupakan tanggung jawab bersama dan pada hakekatnya yang diharapkan dari pelaksanaan. Siskamling adalah sinergitas seluruh komponen masyarakat dan pemerintah untuk bersatu padu bekerja sama mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat, pungkasnya Babinkantibmas Kelurahan Bergam.

Sumber: Taufik.
Editor: Prima Putra.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini