Beranda INFO POLRI Babinkantibmas Kelurahan Bergam Aiptu. GMP. Nanggolan: Siskamling Jaga Silaturahmi dan Perkuat Hubungan...

Babinkantibmas Kelurahan Bergam Aiptu. GMP. Nanggolan: Siskamling Jaga Silaturahmi dan Perkuat Hubungan Antar Masyarakat

Lingkungan tiga belas Jalan Pradana Raya, Perumnas Bergam, Kelurahan Bergam, Kecamatan Binjai Kota dalam membentuk sistim keamanan lingkungan.
Binjai, Radar BI | Siskamling adalah sinergitas seluruh komponen masyarakat dan pemerintah untuk bersatu padu bekerja sama mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat.

Kemajemukan masyarakat Indonesia terdiri dari berbagai suku merupakan anugrah dari sang pencipta. Kemajemukan tersebut justru dapat menciptakan rasa kebersamaan diantara sesama masyarakat itu sendiri dalam dalam satu wadah.

Hal ini terlihat dari kerjasama masyarakat serta aparatur pemerintah seperti kepling dan Babinkantibmas lingkungan tiga belas Jalan Pradana Raya, Perumnas Bergam, Kelurahan Bergam, Kecamatan Binjai Kota dalam membentuk sistim keamanan lingkungan di tempat mereka berada.

BACA JUGA  Polda NTT Limpahkan Berkas Perkara Pembunuhan Ibu dan Anak ke JPU Kejati NTT
BACA JUGA  Hari Pertama Kerja Saat PPKM Darurat Dilakukan, Ratusan Kendaraan Putar Balik di Tangsel
Dari hasil pantauan awak media dilapangan pada hari, Minggu (12/6/2022) gotong royong dalam membersihkan serta merawat pos jaga malam. Hal ini tetap dilakukan bersama antara Kepling dan masyarakat gelak tawa serta canda terdengar diantara sesama mereka saat bekerja.

Ditempat terpisah salah tokoh masyarakat setempat, Jaini menyampaikan bahwa rapat bersama masyarakat sering dilakukan guna memutuskan atau membentuk sesuatu di tempat kami ini tutur Kepling tersebut. Kegiatan Siskamling (Sistem Keamanan Lingkungan).

BACA JUGA  Perjuangkan Hak Palestina, Menlu Retno Marsudi: Dukungan Penuh Indonesia Kepada Rakyat Palestina
BACA JUGA  Polda Aceh Periksa 17 Saksi Terkait Pembakaran Rumah Wartawan di Agara

Selain untuk menjaga keamanan dan ketertiban juga bermanfaat menjaga silaturahmi dan memperkuat peseduluran, sehingga tercipta masyarakat yang guyub, rukun dan kompak.

Kegiatan Siskamling juga merupakan salah satu upaya masyarakat mencintai tanah airnya, karena Siskamling merupakan salah satu bentuk bela negara, tuturnya.

“Saya berharap, pelaksanaan Siskamling yang baik di wilayah Lingkungan tiga belas Jalan Pradana Raya, Perumnas Bergam, Kelurahan Bergam, Kecamatan Binjai Kota menjadi inspirasi bagi kelurahan atau desa lainnya. Sehingga akan tercipta lingkungan yang kondusif, mewujudkan Perumnas Bergam yang aman dan terhindar dari permasalahan keamanan,” ujarnya.

BACA JUGA  Mobil Tabrak 3 Sepeda Motor dan 2 Mobil di Jakarta Barat
BACA JUGA  Kapolri Resmi Lantik 7 Kapolda Baru, Berikut Ini Namanya

Sementara itu, Polres Binjai, Polsek Binjai Kota, Babinkantibmas Kelurahan Bergam, Kecamatan Binjai Kota Aiptu. GMP. Nanggolan mengatakan, siskamling yang dilaksanakan oleh warga Kelurahan Kelurahan Bergam, Babinkantibmas sangat menyambut baik karena esensinya akan menggelorakan kembali semangat gotong royong dan Siskamling yang saat ini mulai luntur.

Poto bersama Babinkantibmas Kelurahan Bergam, Kecamatan Binjai Kota Aiptu. GMP. Nanggolan dengan masyarakat setempat.

Siskamling merupakan agenda utama di lingkungan kami ini selain menjaga gangguan Kantibmas yang berfungsi juga untuk memberikan imformasi pada masyarakat tentang bahaya lain seperti banjir, kebakaran dan hal lain.

Paling utama adalah memperkuat hubungan tali silaturahmi di antara masyarakat kami di tempat ini, tuturnya Aiptu. GMP. Nanggolan kepada media Radar Bhayangkara Indonesia pada hari Rabu, (21/6/2022).

BACA JUGA  Polda Sulteng: Dua DPO Terduga Teroris MIT Tewas Kontak Senjata di Poso
BACA JUGA  Tinjau Sat Binmas Polres Binjai, Iptu Tri Eko: Siskamling Bergam Jadi Percontohan Link.13 Kelurahan Bergam Binjai

Menurut Aiptu. GMP. Nanggolan, gangguan Kamtibmas sangat rentan terjadi dan menjaga keamanan bukan hanya menjadi tanggung jawab aparat keamanan dan penegak hukum. Namun sangat dibutuhkan peran serta masyarakat dalam rangka menjaga kondusifitas wilayah dan sudah seharusnya keamanan di tiap wilayah menjadi tanggung jawab masing – masing masyarakat yang menempatinya.

Keamanan adalah investasi yang merupakan tanggung jawab bersama dan pada hakekatnya yang diharapkan dari pelaksanaan. Siskamling adalah sinergitas seluruh komponen masyarakat dan pemerintah untuk bersatu padu bekerja sama mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat, pungkasnya Babinkantibmas Kelurahan Bergam.

Sumber: Taufik.
Editor: Prima Putra.

Facebook Comments

Artikel sebelumyaHUT Bhayangkara ke 76, Polda Sumbar Bakti Kesehatan Sunatan Massal Gratis 1.200 Anak
Artikel berikutnyaTaati Nasehat Ulama, Pj Bupati Dani Ramdhan Fokus Kerja Membangun Kabupaten Bekasi