Senin, Mei 20, 2024
No menu items!

Demokrat Bawa SBY Temui Prabowo, Pengamat Politik: Agak Susah Targetkan AHY Cawapres

Must Read
Jakarta, Radar BI | Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY bersama Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Waketum Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) mengunjungi rumah Ketua Umum Parta Gerindra Prabowo Subianto.

Hal itu dilakukan setelah cawapres yang diusung Partai Demokrat, Ketum Demokrat AHY batal mendampingi bakal calon presiden Anies Baswedan pada pemilu tahun 2024 mendatang.

Sementara itu diketahui, Prabowo adalah salah satu bakal capres dalam Pemilihan Presiden atau PIlpres 2024.

BACA JUGA  Antusias Masyarakat Mengikuti Vaksin di Pasar Kuliner 16 Ilir Palembang

Mengutip dari CNN Indonesia, pertemuan antara Prabowo dan SBY berlangsung selama dua jam. SBY meninggalkan kediaman Prabowo sekitar pukul 18.07 WIB.

Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Waketum Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas).

Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi mengatakan Partai Demokrat telah menyatakan dukungannya kepada Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai calon presiden (Capres) di Pilpres 2024 pada pertemuan di Hambalang.

BACA JUGA  Sengketa Hak Milik Atas Tanah Warisan yang di Kuasai oleh Ta'lim Lanjut Jalur Hukum

“Acara hari ini salah satunya menerima secara resmi pernyataan dukungan dari partai Demokrat untuk Pak Prabowo jadi Capres RI di 2024,” kata Viva di Hambalang.

Viva mengungkapkan beberapa alasan Demokrat mendukung Prabowo. Ketua Majelis Tinggi Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), kata dia, menjelaskan nyaman bila bersama Prabowo.

Kemudian, Viva mengatakan Prabowo dan SBY sempat bekerja sama di Pilpres sebelumnya. Diketahui, Demokrat sempat mendukung pasangan Prabowo-Sandiaga di Pilpres 2019 lalu.

BACA JUGA  Sugeng Terdakwa Tabrak Lari Mahasiswi Cianjur Divonis 4 Tahun Penjara

“Sebagai saudara dari keluarga besar Tidar dan selama ini pernah menyatakan dukungan bekerja sama di Pilpres sebelumnya. Dan pak SBY akan ikut turun gunung memperjuangkan pak Prabowo,” kata dia.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengatakan Ketua Umum AHY akan menyampaikan arah koalisi partai dalam pernyataan resmi Kamis pekan ini.

“Kita akan ada Rapimnas tanggal 21 (September). Mungkin di tanggal itu sudah ada tanda-tanda yang jelas. Tunggu saja dari Mas AHY. Beliau langsung yang akan menyampaikan,” ucapnya saat dihubungi CNNIndonesia, Minggu (17/9).

BACA JUGA  Polisi Ringkus 22 Pelaku Tawuran yang Tewaskan Seorang Remaja di Jalan Gajah Mada

Sementara itu, pengamat politik Karim Suryadi menyebut akan mudah mencapai kesepakatan berkoalisi antara Demokrat dengan partai pendukung Prabowo.

Namun, Karim mengatakan bakal sulit jika Demokrat syaratkan sang Ketua Umum AHY menjadi bakal Cawapres Prabowo Subianto.

“Kalau sekadar ingin menjadi anggota koalisi ke kubu mana pun tidak akan susah,” ucap Karim, Minggu (17/9/2023).

BACA JUGA  Kecelakaan Maut di Cikarang, 1 Orang Tewas di Lokasi Kejadian

“Yang agak susah ketika memasang target menawarkan ketua umumnya (AHY) menjadi wakil presiden,” lanjutnya.

Prabowo Subianto bersama Koalisi Indonesia Maju terima kedatangan pimpinan Partai Demokrat termasuk AHY dan SBY di Hambalang, Minggu (17/9).

Pertemuan membahas bergabungnya Partai Demokrat ke Koalisi Indonesia Maju mengusung Bacapres Prabowo Subianto di Pilpres 2024.

Iklan

Latest News

Pasca Bencana Banjir Bandang di Sumbar, Wagub: Tagana Garda Terdepan Kemensos dalam Membantu Korban Bencana

Batusangkar, Radar BI | Kondisi bebatuan sekitar Marapi yang rapuh, kelerengan yang terjal dan curah hujan tinggi membuat daerah...

Artikel Lain Yang Anda Suka