Senin, Mei 20, 2024
No menu items!

7 Khasiat Buah Markisa Bagi Untuk Penderita Diabetes

Must Read
Radar BI | Banyak manfaat buah markisa untuk kesehatan tubuh yang luar biasa. Tidak hanya itu, cara mengkonsumsi juga perlu diperhatikan untuk bisa mendapatkan manfaat buah markisa secara maksimal.

Bahkan, selain memiliki banyak manfaat, buah markisa juga dikenal dengan rasa manisnya yang menyegarkan dan lezat saat dikonsumsi.

BACA JUGA  Polisi Amankan 2 WN India Lolos Masuk ke Indonesia Tanpa Karantina

Meski mempunyai rasa manis, buah markisa termasuk buah yang baik untuk dikonsumsi penderita diabetes. Pasalnya, rasa manis buah markisa terbuat dari pemanis alami.

Buah markisa mengandung daging buah yang lembut dan banyak biji di dalam kulit buah yang keras. Orang bisa memakan biji dan ampasnya, membuat jus, atau menambahkannya ke minuman lain.

Selain itu, karena mempunyai rasa yang lezat dan menyegarkan, tidak jarang buah markisa dijadikan berbagai jenis penyedap rasa minuman atau makanan sekalipun.

BACA JUGA  Pekan Depan, Bareskrim Polri Akan Gelar Perkara Unlawful Killing Laskar FPI

Buah markisa baru-baru ini juga mendapatkan banyak perhatian karena merupakan sumber yang kaya akan antioksidan kuat dan mungkin juga memiliki manfaat kesehatan lainnya.

Manfaat buah markisa tersebut berasal dari kandungan nutrisi di dalamnya, seperti vitamin A, vitamin C, kalium, magnesium, kalsium, serat dan berbagai nutrisi lainnya.

Merangkum dari Healthline, ada beberapa manfaat buah markisa yang menarik untuk diketahui.

BACA JUGA  Soal Info Putusan MK, Denny Indrayana Bantah Tidak Ada Pembocoran Rahasia Negara ke Publik

1. Kaya Antioksidan

Buah markisa kaya akan antioksidan, yaitu senyawa yang memanfaat dan membantu membersihkan radikal bebas berbahaya di dalam tubuh.

Antioksidan memainkan peran penting dalam menjaga sistem tubuh tetap sehat. Para ilmuwan tahu bahwa antioksidan meningkatkan aliran darah, khususnya ke otak dan sistem saraf.

Kandungan antioksidan dalam markisa juga bermanfaat untuk mengurangi stres seluler dan mengurangi peradangan dalam tubuh.

BACA JUGA  Polri: Mantan Sekum FPI Munarman Terlibat Kegiatan Baiat di Sejumlah Wilayah

2. Baik untuk Pencernaan

Daging buah markisa mengandung banyak serat makanan. Serat adalah komponen penting dari setiap diet. Ini membantu mengatur sistem pencernaan dan menjaga usus tetap sehat, mencegah sembelit dan gangguan usus.

Menurut American Heart Association, serat juga memiliki manfaat dalam mengurangi kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung.

Makan buah markisa secara teratur dapat membantu mencegah sembelit dan meningkatkan pencernaan dan kesehatan secara keseluruhan.

BACA JUGA  Kadiv Humas Buka Pelatihan Publik Speaking, Tindak Lanjut Pemantapan Komunikasi Publik

3. Baik Untuk Penderita Diabetes

Manfaat buah markisa selanjutnya adalah cocok untuk dikonsumsi penderita diabetes. Pasalnya, markisa merupakan buah tropis yang memiliki nilai indeks glikemik (IG) yang rendah.

Ini berarti markisa tidak menyebabkan peningkatan gula darah yang tajam setelah memakannya serta menjadikannya pilihan yang baik untuk penderita diabetes.

BACA JUGA  Panglima TNI Mutasi 80 Pati, Pangdam Jaya Dudung Abdurachman Jabat Pangkostrad

4. Meningkatkan Sensitivitas Insulin

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa yang ditemukan dalam biji markisa mempunyai manfaat yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin seseorang.

Meningkatkan sensitivitas insulin dapat membantu mengurangi risiko banyak penyakit, termasuk diabetes.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Buah markisa kaya akan vitamin C yang mempunyai manfaat dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selai itu, markisa juga merupakan antioksidan yang membantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

BACA JUGA  Debt Collector Babak Belur Dikeroyok Massa di Tangsel

Vitamin C meningkatkan sistem kekebalan dengan membantu tubuh menyerap lebih banyak zat besi dari makanan nabati, dan dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi dalam tubuh.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Buah markisa mengandung potasium yang bermanfaat untuk menyehatkan jantung dan juga rendah sodium.

Jika anda mengkonsumsi buah markisa dengan bijinya, hal tersebut mengandung banyak serat dayang membatu menghilangkan kolesterol jahat dalam pembuluh darah.

BACA JUGA  Penghasilan Ratusan Miliar Per Tahun, Berikut Ini 10 YouTuber Terkaya di Dunia

7. Mengurangi Kecemasan

Tidak berhenti sama disitu, markisa juga mempunya manfaat bisa menghilangkan stres loh. Hal tersebut dikarenakan buah markisa kaya akan magnesium dan mineral penting yang telah dikaitkan para ilmuwan dengan penurunan stres dan kecemasan.

Iklan

Latest News

Pasca Bencana Banjir Bandang di Sumbar, Wagub: Tagana Garda Terdepan Kemensos dalam Membantu Korban Bencana

Batusangkar, Radar BI | Kondisi bebatuan sekitar Marapi yang rapuh, kelerengan yang terjal dan curah hujan tinggi membuat daerah...

Artikel Lain Yang Anda Suka