Beranda PEMERINTAH Dinas Sosial Sumbar Laksanakan Kegiatan Tagana Masuk Sekolah di MTsN 5 Padang

Dinas Sosial Sumbar Laksanakan Kegiatan Tagana Masuk Sekolah di MTsN 5 Padang

Radar BI, Padang | MTsN 5 Padang bekerjasama dengan Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat mengadakan kegiatan TAGANA Masuk Sekolah. Bertempat di Aula pertemuan MTsN 5 Padang, Jum’at (12/11/2021) Pagi.

Tagana merupakan suatu organisasi atau gugus tugas berbasis masyarakat yang berorientasi dibidang kesejahteraan sosial guna menangani penanggulangan bencana.

Program Tagana Masuk Sekolah (TMS) menjadi salah satu upaya pemerintah melalui Kementerian Sosial untuk menyiapkan generasi yang sadar dan siap siaga terhadap bencana sejak dini.

BACA JUGA  Jemput Aspirasi Karang Taruna, Zulhardi. Z. Latif: Masuk Satpam Gratis Tahun 2021-2022
BACA JUGA  Terancam Denda Rp.10 Miliar, Begini Cerita TKI Keblinger di Kebumen

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Kabid Linjamsos Dinsos Provinsi Sumatera Barat Irwan Basir, SH.MM Datuk Rajo Alam dan Kepsek MTsN 5 Kota Padang Dr. Lilis Andriani, M.Pd beserta pengurus TAGANA Provinsi Sumatera Barat.

Dalam kesempatan ini pimpinan MTsN 5 Padang Lilis Andriani dalam sambutannya menghimbau sekaligus mensupport siswa untuk  menerima pengetahuan tentang siaga bencana gempa.

“Siapkan diri ananda untuk menerima seluas-luasnya pengetahuan yang akan disampaikan oleh Tim Tagana,” pungkasnya.

BACA JUGA  Kapolri: 1.062 Polsek se-Indonesia Tidak Bisa Lagi Menyidik Kasus, Hanya Pelihara Kamtibmas
BACA JUGA  Bawa Tim Kesehatan Hingga K-9, Mabes Polri Sasar Wilayah Banjir di NTT Sulit Dijangkau

Lilis juga tidak lupa mengucapkan terimakasih kepada Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat khususnya kepada Kabid Linjamsos Dinsos Provinsi Sumatera. Yang sudah mengalokasikan kegiatan TMS ini di MTsN 5 Kota Padang.

“Karena  sebanyak kurang lebih 657 sekolah di Kota Padang yang terdiri dari SD,SMP, SMA dan SMK. MTsN 5 Padang dipilih jadi salah satu peserta dari 20 sekolah yang dipilih di Kota Padang,” ungkapnya melalui telepon selulernya, Minggu (14/11/2021) Siang

Lilis juga berharap nantinya siswa – siswi yang mengikuti pelatihan ini bisa menularkan ilmunya kepada teman-temannya yang ada di MTsN 5  Padang,” ungkapnya.

BACA JUGA  Surat Swab PCR-Kartu Vaksin Palsu Dijual Pelaku Seharga Ratusan Ribu Rupiah
BACA JUGA  HUT ke-76 Brimob, Kapolri: Luar Biasa Dedikasi dan Loyalitasnya

Dalam kesempatan yang sama Kabid Linjamsos Dinsos Provinsi Sumatera Barat Irwan Basir,SH MM Datuk Rajo Alam Menyampaikan dalam sambutannya bahwa bencana tidak bisa kita prediksi.

“Untuk itu ananda siswa-siswi harus siap dan punya ilmu tentang bencana yang akan melanda di mana saja kita berada,” ungkapnya.

Selain itu juga bisa masyarakat terutama dunia pendidikan siswa dan siswi memahami bagaimana pentingnya menanggulangi bencana, baik ketika kesiap siagaan, ketika terjadi bencana dan pasca terjadinya bencana.

BACA JUGA  Pelantikan MW KAHMI dan Forhati Sumut, Gubernur Edy Rahmayadi Sebut HMI Turut Mengawal Kemerdekaan
BACA JUGA  Dinas Sosial Sumbar Serahkan Bantuan Korban Kebakaran di Balai Baru

“Komunikasi dan sosialisasi dari pada masalah kebencanaan ini perlu kita laksanakan di Sumatera Barat karena kabupaten/kota di Sumatera Barat katalasenya bencana apalagi yang besarnya yang telah menjadi pengalaman kita 2007/2009,” pungkas ketua DPD LPM Kota Padang.

Irwan Basir juga menambahkan bahwa target dari program TMS ini yaitu agar pelajar mempunyai pengetahuan tentang bencana, potensi dan upaya pengurangan risiko bencana pada tingkatan yang paling sederhana sehingga mereka mampu menyelamatkan diri sendiri dan evakuasi sederhana bila terjadi bencana.

“Untuk mengurangi resiko bencana itu adalah bagaimana bisa terpahami ilmu kebencanaan teknik kebencanaan dan eksekusi pada kebencanaan oleh para masyarakat kita terutama siswa dan siswi kita,” harapannya.

BACA JUGA  Polri Selidiki Dugaan Investasi Bodong Koperasi Syariah 212 Mart
BACA JUGA  Densus 88 Tangkap Saiful Basri Buronan Terduga Teroris di Jakarta

Ia juga menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan sebanyak 70 sekolah tingkat SD,SMP,MTs,SMA dan SMK di Sumatera Barat dan untuk Kota Padang sebanyak 20 tingkat sekolah SD,SMP,MTs,SMA dan SMK.

Terakhir Irwan Basir juga mengajak siswa/i MTsN 5 Padang dan seluruh guru serta pegawai untuk melakukan vaksinasi.

“Vaksin adalah salah satu cara mencegah terkena atau mengalami gejala Covid-19 berat, melindungi orang lain, menghentikan penyebaran Covid-19 dan membantu melindungi generasi selanjutnya. Untuk itu kami mengajak dan mengimbau bagi keluarga besar MTsN 5 Padang yang belum vaksinasi agar segera mungkin melaksanakan vaksin,” ungkapnya.

BACA JUGA  Polsek Kalidawir Berhasil Tangkap Pengedar Pil Double L di Tulungagung
BACA JUGA  Polri Selidiki Dugaan Investasi Bodong Koperasi Syariah 212 Mart

Kegiatan ini diikuti oleh siswa-siswi yang masuk dalam organisasi PMR, OSIM serta perwakilan dari siswa kelas 7.1, 8.1. (Dp/Dori)

Facebook Comments

Artikel sebelumya48 WNA Terlibat Pemerasan Aplikasi Kencan dan Phone Sex Ditangkap Polisi di 3 Lokasi Berbeda
Artikel berikutnyaPolisi Gagalkan Peredaran Sabu Dalam Bungkus Rokok di Sukamulya