Beranda DAERAH Irwan Basir Pengurus Komite Dalam Pungutan Sumbangan di Sekolah Agar Perhatikan Kondisi...

Irwan Basir Pengurus Komite Dalam Pungutan Sumbangan di Sekolah Agar Perhatikan Kondisi Ekonomi Masyarakat

Radar BI, Padang | Ketua DPD LPM Kota Padang Irwan Basir Datuk Rajo Alam, SH.MM pengurus komite dalam memungut sumbangan di sekolah agar memperhatikan kondisi ekonomi masyarakat sebagaimana diketahui, setiap memasuki tahun ajaran baru, biasanya banyak sekolah memungut sumbangan terhadap siswa dalam bentuk sumbangan komite sekolah.

Lebih lanjut, Irwan Basir mengatakan sumbangan ini nantinya digunakan untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah dan melengkapi sarana belajar siswa yang lebih memadai serta untuk menambah kenyamanan bagi siswa dalam belajar.

Meski sekolah sudah mendapatkan bantuan dari pemerintah berupa dana Bantuan Operasional Sekolah ( dana BOS ), namun bagi beberapa sekolah bantuan itu belumlah memadai dan ini sesuai dengan kondisi sekolah masing-masing.

BACA JUGA  Bikin SIM dan SKCK Harus Bawa Bukti Sudah Vaksinasi, Polisi: Info Tersebut Hoax
BACA JUGA  Tidak Terbukti Bersalah, Hakim Tipikor Vonis Bebas Khasiman Terdakwa Korupsi Proyek Jalan Muara Situlen - Gelombang

Untuk itu pihak sekolah masih membutuhkan dana dalam bentuk sumbangan lain yang salah satunya sumbangan komite ini yang dipungut melalui orang tua siswa di sekolah. Dan itu melalui musyawarah antara pihak sekolah dan wali murid.

Menyikapi hal ini, Ketua DPD LPM Kota Padang Irwan Basir Dt. Rajo Alam, SH. MM mengatakan sumbangan yang dipungut oleh komite sekolah itu sah-sah saja sepanjang tidak memberatkan masyarakat selaku orang tua wali murid. Dan tentu saja sudah melalui kesepakatan musyawarah antara pihak sekolah dengan wali murid.

Jadi sepanjang sumbangan itu tidak membebani wali murid dan sudah menjadi kesepakatan secara bersama-sama hal itu sah-sah saja. Dan yang tidak boleh itu adalah ada kesan pemaksaan.

BACA JUGA  Kukuhkan Pengurus Pemuda Premtas Ampang Karang Ganting, Irwan Basir: Cegah Penyalahgunaan Narkoba untuk Bangun Generasi Muda Berkualitas
BACA JUGA  Rotasi Jabatan, Kapolri Tunjuk Kabidhumas Polda Jatim Gatot Repli Handoko Jadi Kabag Penum Divisi Humas Polri

Apalagi disangkutkan dengan proses belajar anak. Itu jelas tidak boleh, ucap Irwan Basir saat dimintai tanggapannya mengenai beragamnya pungutan sumbangan di setiap sekolah.

Lebih lanjut ketua DPD LPM Kota Padang ini menjelaskan, selama sumbangan wali murid yang dipungut oleh komite itu peruntukkannya jelas, dia setuju saja. Ini merupakan salah satu bentuk partisipasi orang tua terhadap sarana pendidikan anaknya.

Sumbangan komite itu merupakan salah satu bentuk partisipasi dari orang tua wali murid terhadap sekolah. Jadi ada rasa saling memiliki bersama terhadap sekolah.

BACA JUGA  Ditreskrimsus Polda Lampung Berhasil Ungkap Lokasi Produksi Pupuk Ilegal di Pringsewu
BACA JUGA  Bundo Kandung Pauh IX Gelar Turun Mandi Anak, Irwan Basir: Peranan 4 Pilar Dalam Nagari Penting

Jika gedung sekolahnya bagus dengan fasilitas yang memadai, yang diuntungkan adalah anaknya sendiri. Belajar pun jadi nyaman, ujar Irwan Basir

Apalagi kebutuhan disetiap sekolah itu berbeda-beda sesuai dengan kondisi sekolahnya. Kemudian latar belakang ekonomi orang tua murid pun juga berbeda. Misalnya sekolah di perkotaan, kebutuhannya mungkin berbeda dengan sekolah yang ada di pedesaan.

Mata pencaharian orang tua murid pun berbeda. Di perkotaan kebanyakan berdagang atau kerja kantoran. Di pedesaan atau pinggiran rata-rata bertani atau buruh harian. Jika profesi berbeda tentu berbeda pula dengan penghasilannya.

BACA JUGA  HUT ke-76 RI di Kuranji, Irwan Basir Pemuda Harus Mempersiapkan Diri Untuk Masa Yang Akan Datang
BACA JUGA  Kapolda Imbau Masyarakat Mari Bersama Sukseskan Vaksinasi Anak di Sumut

Untuk itu pihak sekolah atau komite dalam memungut sumbangan harus memperhatikan faktor-faktor ini. Jadi disesuaikankan lah dengan kondisi keadaan ekonominya, tambah tokoh kharismatik ini lagi.

Disamping itu, Ketua LPM Kota Padang ini juga mengingatkan pihak sekolah akan kondisi masyarakat terkini. Semenjak pandemi covid-19 melanda negara ini dampaknya sangat terasa sekali terhadap kehidupan ekonomi masyarakat.

Di satu sisi masyarakat juga membutuhkan pendidikan anaknya. Di sisi lain, mereka juga butuh makan. Apalagi masa pandemi pengeluaran yang tak mesti ada, terpaksa diadakan.

BACA JUGA  Terapkan PPKM Darurat, Irwan Basir Imbau Masyarakat Taati Peraturan Pemerintah
BACA JUGA  Yunisman Kembali Terpilih Ketua Komite SMAN 16 Padang, Irwan Basir: Pemilihan Bersifat Transparan, Demokratis, Profesional dan Akuntabel

Contohnya membelikan Hp anak untuk belajar daring dan pulsanya. Ini kan kebutuhan yang terpaksa diadakan karena tuntutan dari belajar daring dari rumah ditambah lagi beli paket datanya, jelas ketua LPM Kota Padang ini.

Untuk itu Irwan Basir menghimbau kepada seluruh sekolah yang ada di Kota Padang yang memungut sumbangan melalui komite sekolah agar dalam memungut sumbangan komite, untuk memperhatikan kondisi ekonomi orang tua siswanya supaya tidak menambah beban mereka. Jangan ditambah lagi beban masyarakat kita yang sudah susah oleh pandemi ini.

Kalau memang sumbangan komite itu tujuannya untuk peningkatan mutu belajar anak, silahkan saja. Tapi, jangan orang tua wali murid merasa terbebani.

BACA JUGA  Polda Sumut Kirim Berkas Perkara Tersangka Mantan Bupati Labusel Tahap I ke Jaksa
BACA JUGA  Rakorbang Tingkat Kelurahan, Irwan Basir: Bersama Kita Dorong Percepatan Pembangunan di Kota Padang

Apalagi disangkut pautkan dengan proses belajar anak di sekolah. Itu saja himbauan dan harapan saya kepada pihak sekolah. Mari kita sama-sama memahami kondisi ini, ucap Irwan Basir di akhir penyampaiannya. (MS/Dp)

Facebook Comments

Artikel sebelumyaBukan Ganjar atau Prabowo, Sosok Ini Yang Bisa Hentikan Langkah Anies Baswedan di Pilpres 2024
Artikel berikutnyaCamat Cabangbungin Wujudkan Rumah Layak Huni Anak Yatim di Desa Jayalaksana