Janji Perbaiki Jalan Dua Desa, Warga Kiarapayung Tagih Janji Bupati Cianjur Herman – Tb Mulyana

105

Radar BI | Kondisi jalan Kabupaten Cianjur yang melewati dua desa yakni Desa Mekarsari dan Desa Mekarjaya dengan panjang jalan lebih kurang 8 km dari mulai Cimuncang sampai dengan Cikendi dan terhubung hingga jalan provinsi menuju jongol tampak banyak kerusakan yang cukup parah.

Karena selain bertahun-tahun tidak pernah diperbaiki juga sebelumnya pernah ada tambang galian C, sehingga banyak dilalui kendaraan berat. Sesekali warga Kiarapayung, Desa Mekarjaya, Kecamatan Cikalong Kulon, Kabupaten Cianjur bergotong-royong memperbaiki jalan tersebut dengan peralatan sederhana dari dana swadaya.

Menurut Kepala Desa Mekarjaya Ayub Jumyati S.Pdi, yang kami wawancarai pada hari Sabtu (22/1/2022). Perbaikan jalan tersebut tidak mungkin dari ADD (Anggaran Dana Desa). Karena itu jalan Kabupaten dan panjang jalan yang mencapai 8 km sehingga pihak desa tidak mungkin memiliki dana yang cukup.

BACA JUGA  7 Manfaat Tidur Siang Bantu Menurunkan Tekanan Darah dan Risiko Penyakit Jantung
BACA JUGA  Posting Jalan Rusak di Facebook, Seorang Warga di Cilegon Dituntut Minta Maaf

Sepanjang periode pemerintahan Desa dimasa kepemimpinannya, pernah mendapat bantuan dari Pemda Cianjur pada tahap pertama sepanjang 127 meter lalu disambung pada tahap ke dua sepanjang 129 meter dari rencana sepanjang 2,5 km, ujarnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan pada saat kampanye pasangan Calon Bupati Herman – Tb Mulyana pernah menjanjikan akan memprioritaskan perbaikan jalan tersebut. Setelah terpilih pun pernah menjanjikan sebagai salah satu jalan yang akan diperbaiki dalam program pembangunan jalan beton 1000 km.

Salah satu upaya yang dilakukan oleh pihak desa adalah dengan mengajukan proposal yang sebenarnya tidak terlalu banyak. Hanya 5 km panjang jalan yang apabila diperbaiki akan semakin meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), tuturnya.

BACA JUGA  Gus Imin: Kenaikan Dana Desa Untuk Entaskan Kemiskinan Ekstrem
BACA JUGA  Sengketa Tanah, Gajah Versus Kucing Berseteru di Pengadilan

Ia mengatakan, karena banyak hasil pertanian yang menjadi unggulan, seperti pisang dan salak dan juga ada empat lokasi yaitu Ciraja, Kuciran, Pasir Honje dan Paniisan sebagai potensi daerah wisata yang akan dibuka.

Proposal yang diajukan juga diketahui dan ditandatangani oleh Camat Kecamatan Cikalong Kulon dengan harapan agar bisa direalisasikan secepatnya.

Sehingga masyarakat Kiarapayung lebih meningkat kesejahteraannya dan lebih percaya kepada pimpinannya yang apabila mengucap janji akan ditepati, pungkasnya Kepala Desa Mekarjaya Kecamatan Cikalong Kulon.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini