Beranda PEMERINTAH Kadisdik Batu Bara, Ilyas: Lakukan Setiap Saat Validasi, Jangan Tunggu Esok

Kadisdik Batu Bara, Ilyas: Lakukan Setiap Saat Validasi, Jangan Tunggu Esok

Batu Bara
Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M. AP., selalu berpesan pada setiap kesempatan bahwa suasana kita saat ini masih dalam suasana pandemi covid-19. Kita tidak tahu sama sekali dimana keberadaannya, tetapi dia ada dan nyata. Terbuksti sudah banyak korbannya. Oleh karena PPDB online Batu Bara dimasa pandemi covid-19 ini sangat sesuai dan harus kita dukung.

Dimana pandemi Covid-19 mengharukan kita mengurangi kontak fisik, berkerumun dan terus menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan, mengurangi aktifitas diluar rumah, menjaga jarak.

Hal terebut disampaikan Kadisdik Kabupaten Batu Bara Ilyas Sitorus kepada awak media yang selalu turut bersamanya usai mengamati proses PPDB Online di UPTD SMP Negeri 1 Dt. Lima Pulu Kecamatan Dt. Lima Puluh Kabupaten Batu Bara, Provinsi Sumut, Jum’at (25/06/2021) Siang.

BACA JUGA  Keberadaan Bandara Bukit Malintang akan Meningkatkan Perekonomian Wilayah Tabagsel

Lanjut Ilyas, Dalam kaitan proses penerimaan peserta didik baru tahun pelajaran 2021/2022, atas dukungan Bupati Batu Bara, Zahir, melalui Dinas Pendidikan menyelenggarakannya melalui PPDB Online.

Dimulai tanggal 21 Juni 2021 yang lalu dengan tetap melaksanakan melalui empat jalur pendaftaran sebagai mana yang di atur dalam Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru TK, SD, SMP, SMA dan SMK serta merujuk kepada Surat Edaran Mendikbud RI Nomor 3 Tahun 2021 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru TP 2021/2022.

Kempat jalur tersebut adalah, jalur zonasi, afirmasi, perpindahan tugas orang tua/ wali dan juga prestasi (khusus SMP).

BACA JUGA  Aparat TNI-Polri Tembak Mati Komandan Teroris KKB Lesmin Waker di Puncak Papua

Menurut Kadis yang selalu bersama media dalam aktifitasnya ini, bahwa jalur zonasi memiliki banyak manfaat seperti mendekatkan siswa dengan lingkungan sekolah, pemerataan akses pendidikan, kondisi kelas yang heterogen, peningkatan kapasitas guru, peningkatan SPM dan PPK, menghilangkan praktik jual-beli kursi dan pungli hingga menjadi alat ukur intervensi pemerintah pusat dan pemda.

“PPDB Online ini juga bertujuan untuk memudahkan orangtua/wali/siswa mendaftar dimana saja, kapan saja dan darimana saja secara online 24 jam tanpa harus mendaftar secara fisik ke sekolah yang dituju serta dimudahkan dengan bisa memilih dua sekolah pilihan sekaligus,” tutur ncekli safaan akrab Kadisdik Batu Bara ini.

BACA JUGA  Kunker ke Palembang, Kapolri Resmikan Kampung Tangguh dan Aplikasi Polisi Dulur Kito

Alhamdulillah perjalanan PPDB Online memasuki hari kelima ini semua proses umumnya berjalan lancer. Pada level sekolah, saya melihat para operator mengoperasikan web PPDB online dengan baik karena mereka umumnya generasi melenial yang memahami IT dengan baik alias tidak gaptek, terang Ilyas.

Operator sekolah (OPS) adalah orang yang diberikan peran dan tugas sebagai tenaga teknis pada aplikasi PPDB daring di level sekolah untuk melakukan validasi dan memeriksa kesiapan data awal untuk aplikasi tingkat sekolah dan juga kadang kala petugas operator ini membantu para orangtua/wali yang masih membutuhkan bantuan dalam pemanfaatan Aplikasi PPDB Online ini.

BACA JUGA  Bharatu (Anumerta) I Komang Gugur Saat Baku Tembak dengan KKB di Papua

Oleh karenanya operator sekolah merupakan garda terdepan dalam proses PPDB online untuk hadir melayani, membantu dan memberikan informasi kepada masyarakat pendaftar, sebut Ilyas.

Selain itu kecepatan kerja operator dapat mempengaruhi jumlah peserta didik baru, karena setiap calon peserta didik baru boleh memilih lebih dari satu sekolah tujuan, makanya kecepatan memvalidasi calon siswa sangat mempengaruhui jumlah peserta didik baru.

Misal si A mendaftarkan dirinya sebagai calon peserta didik baru di UPTD X dan Y, oleh karena keterlambatan salah satu operator maka operator UPTD yang lebih dahulu memvalidasinya, menjadikan tervalidasi di UPTD tersebut, walaupun belum jaminan menjadi peserta didik baru di UPTD tersebut karena masih memperhatikan beberapa hal yang dipersyaratkan, terang Ilyas.

BACA JUGA  Berlagak Bak Koboi, Oknum Polisi di Deliserdang Minta Maaf

“Kita adalah satu keluarga besar di bawah Tutwuri Handayani khususnya di bawah naungan Dinas Pendidikan Kabupaten Batu Bara, jadi saya berharap kepada kita semua, khususnya operator agar terus menjaga kesehatan terlebih lagi dimasa pandemi ini karena peran operator dalam PPDB Daring sangat menentukan sukses tidaknya PPDB Online kita ini.

Dukungan dan perhatian dari Kepala UPTD dan guru-guru sangat mempengaruhi dan turut serta dalam memberhasilkan PPDB Online sebagaimana yang kita harapkan bersama”, harap Ilyas kepada semua warga sekolah sesaat akan meninggalkan sekolah Bersama awak media.

BACA JUGA  Bareskrim Polri Ungkap Penipuan Investasi Obligasi, Kerugian Mencapai Rp.39 M

Kadisdik juga melakukan hal yang sama di SMP Negeri 1 Lima Puluh bersama awak media dan terus memotivasi para operator sekolah.

Facebook Comments