Korlantas Polri Segera Terapkan Aturan Penghapusan Data STNK Mati Pajak Dua Tahun

Korlantas Polri Irjen. Pol. Drs. Firman Santyabudi, M.Si
Jakarta, Radar BI | Korlantas Polri akan segera mengimplementasikan aturan penghapusan data STNK yang mati pajak selama 2 tahun. Sesuai dengan aturan pasal 74 Undang – undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

“Kita ingin secepat – cepatnya ya, karena aturan ini sudah sejak 2009 di undang – undang,” jelas Korlantas Polri Irjen. Pol. Drs. Firman Santyabudi, M.Si. pada hari Jumat (29/7/2022).

Korlantas Polri menjelaskan, apabila nantinya aturan tersebut telah diberlakukan. Maka kendaraan yang pajaknya mati selama dua tahun akan dianggap bodong. Dia berharap dengan adanya aturan ini masyarakat bisa lebih disiplin membayar pajak.

BACA JUGA  Bentrok Ormas di Karawang Pecah, Tiga Orang Terluka dan Mobil Hancur
BACA JUGA  Ditpolairud Polda Sumsel Hadirkan Ambulance Apung Buat Jenazah Covid-19

 

“Kita ingin data ini kita pastikan valid karena dengan valid data, pemerintah bisa mengambil kebijakan. Langkah untuk pembangunan masyarakat dengan lebih baik,” jelas Irjen. Pol. Drs. Firman Santyabudi.

Diberitakan sebelumnya, Direktur Regident Korlantas Polri, Brigjen. Pol. Yusri Yunus mengatakan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) menunggak pajak atau mati selama dua tahun akan menjadi ilegal digunakan di jalan raya.

Kalau 2 tahun itu bagaimana sistemnya? Kami sudah mengatur, kami kasih peringatan pertama 3 bulan, peringatan kedua 1 bulan, peringatan ketiga adalah 1 bulan, kalau tetap tidak dibayarkan, baru kami hapus.

BACA JUGA  Perahu Hantam Tumpukan Sampah, 1 Nelayan Hilang Tenggelam di Sungai Komering
BACA JUGA  Sat Tahti Polres Majalengka Terima Kunjungan Supervisi Dit Tahti Polda Jabar

 

Untuk regulasinya juga sudah ada di masing-masing provinsi. Sudah ada peraturan gubernur,” jelas Dirregident Korlantas Polri.

Sumber Divisi Humas Mabes Polri.

Facebook Comments

Artikel sebelumyaBareskrim Polri: Yayasan ACT Terima Donasi Rp 2 Triliun Sejak 2005
Artikel berikutnyaSatu Orang Tewas, Polisi Tangkap 3 Pelaku Pembacokan Dalam Aksi Tawuran di Cipondoh