Rabu, Juli 24, 2024
No menu items!

Manfaat Air Lemon Obati Asam Urat di Dalam Tubuh

Must Read
Radar BI | Asam urat adalah kondisi medis yang disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat di dalam tubuh.

Asam urat penyakit yang umum diderita oleh masyarakat tanah air. Penyakit radang sendi ini tidak hanya menyerang laki-laki tapi juga perempuan.

Kondisi asam urat ini sering kali menyebabkan nyeri sendi yang parah, terutama pada sendi-sendi seperti jari tangan, jari kaki, lutut, dan pergelangan kaki.

BACA JUGA  Satu Tahun Tidak Bertemu, Sugandi Dapatkan Istrinya Sudah Menikah dengan Pria Lain

Meskipun terdapat berbagai jenis pengobatan yang tersedia untuk mengelola asam urat, penggunaan bahan alami seperti air lemon juga dapat memberikan manfaat yang signifikan.

Air lemon adalah minuman segar yang terbuat dari perasan lemon yang ditambahkan ke dalam air. Lemon kaya akan vitamin C, asam sitrat, antioksidan, dan senyawa lainnya yang memiliki potensi untuk mengurangi kadar asam urat dalam tubuh.

Penderita asam urat disarankan untuk selektif dalam mengonsumsi makanan dan minuman. Sebab, beberapa jenis makanan dan minuman bisa memperburuk asam urat dalam tubuh.

BACA JUGA  Banjir Mendoyo, Polda Bali Bantu Evakuasi Warga

Mengutip dari Medical News Today, lemon salah satu jenis buah yang baik dan aman dikonsumsi oleh penderita asam urat. Lemon mengandung fruktosa rendah yang tidak memicu naiknya kadar asam urat.

Kabar baik untuk anda penderita asam urat, jus lemon secara aktif bisa menurunkan kadar asam urat.

Hasil penelitian tahun 2015 yang dilakukan terhadap 75 orang yang menderita asam urat tinggi atau bentuk radang sendi lainnya menunjukkan bahwa minum air lemon selama enam minggu mengurangi kadar asam urat pada semua kelompok.

BACA JUGA  Bareskrim Polri Temukan Indikasi Aliran Dana Narkoba Untuk Pendanaan Pemilu 2024

Jus lemon memang bersifat asam, namun mengonsumsinya bisa merangsang pelepasan kalsium karbonat dari pankreas yang merupakan bagian dari sistem pencernaan. Kalsium karbonat merupakan zat basa yang melawan asam termasuk asam urat.

Cara mengonsumsi lemon untuk menurunkan asam urat

Penderita asam urat bisa mengonsumsi lemon dengan berbagai cara seperti:

BACA JUGA  Penanganan Terorisme Tegas dan Tidak Melihat Asal Pelaku

1. Air lemon

Penderita bisa melarutkan air lemon ke dalam air putih untuk meringankan rasa asamnya. Penelitian sebelumnya telah menggunakan jus satu buah lemon per liter air untuk menurunkan asam urat.

2. Saus salad

Penderita bisa membuat saus salad dengan menggunakan lemon dan minyak zaitun.

Iklan

Latest News

Hendri Septa Ajak Kaum Muslim Sambut Muharram 1446 H dengan Peningkatan Takwa dan Keimanan

Lubeg, Radar Berita Indonesia | Bakal calon Wali Kota Padang H. Hendri Septa, B.Bus., MIB,. Datuak Alam Batuah sangat mengapresiasi...

Artikel Lain Yang Anda Suka