Beranda PEMERINTAH Perebutkan Piala Bupati Cianjur, Kejuaraan Pencak Silat COC di Green Hill Resort

Perebutkan Piala Bupati Cianjur, Kejuaraan Pencak Silat COC di Green Hill Resort

Cianjur, Radar BI | Penyelenggaraan Kejuaraan Pencak Silat Cianjur Open Championship (COC) ke 2 tahun 2022 berlangsung di Green Hill Resort pada hari Jum’at (03/06/2022).

Kejuaraan Pencak Silat ini diikuti oleh 250 peserta yang terdiri dari berbagai Paguron Silat, SD, SMP, SMA dan Perguruan Tinggi/Umum se-Kabupaten Cianjur dan ada beberapa perwakilan dari luar Kabupaten Cianjur yakni Kabupaten Sukabumi, Bandung Barat, Sumedang dan Bogor.

Acara tersebut di buka oleh Kabidpora yang mewakili Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Cianjur.

BACA JUGA  Polri Imbau Masyarakat Waspadai Pengumpulan Dana Teroris Berkedok Sumbangan Kemanusiaan
BACA JUGA  Aparat Tembak Mati Danton TPN OPM Ferry Elsa di Mimika
Sebelah kiri Sofyan Hadi pengelola Green Hill Resort yang menjadi salah satu sponsor COC ke 2.

Menurut panitia penyelenggara saat sesi wawancara dengan wartawan RBI, Julian Fauzia (Jia) bahwa ini adalah kegiatan yang ke dua, sementara yang pertama penyelenggaraannya pada tahun 2020.

“Kejuaraan COC yang pertama itu tahun 2020 di GGM (Gelanggang Generasi Muda) Cianjur dengan peserta lebih dari 400 orang, berhubung tahun 2021 terimbas pandemi Covid 19 jadi tidak dilaksanakan, akhirnya tahun 2022 ini baru bisa kita selenggarakan kembali”, ujarnya.

Ketika ditanyakan siapa penyelenggaranya, Jia mengatakan bahwa panitia penyelenggara COC adalah independen tapi kita tetap berkoordinasi dengan pihak terkait.

BACA JUGA  Gubernur Membuka Secara Resmi Open Tournamen Kejuaraan Daerah Bola Volly se-Sumbar di Kuranji
BACA JUGA  Operasi Patuh Tinombala 2022, Kapolda Sulteng: Kedepankan Tindakan Humanis dan Hindari Tindakan Kontra Produktif

“Karena pertandingannya menggunakan sistem pemasaran, artinya kita berafiliasi ke IPSI (Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia) dan kami mendapat rekomendasi sari Koni juga. Alhamdulillah untuk tahun ini ada tropi dari Bupati untuk juara umum pertama, untuk juara umum ke dua tropi dari Kadisdik dan juara umum ke tiga tropi dari Green Hill Resort”, kata Jia.

“Untuk juri kita mengambil dari provinsi, sesuai mekanisme kalau penitia penyelenggaranya tingkat Kabupaten maka juri nya dari provinsi dan seterusnya,” lanjut Jia.

Kita sudah mencanangkan bahwa even ini akan jadi kegiatan tahunan, kita ingin agar budaya sunda khususnya pencak silat cianjur terus telestarikan, apalagi sekarang budaya lokal hampir tergerus budaya asing yang semakin masif. Makanya kegiatan ini minimal bisa jadi kegiatan positif yang bisa membuat generasi muda untuk tahu budaya cianjur, yakni tiga pilar ngaos, mamaos dan maenpo, tuturnya.

BACA JUGA  Polres Serdang Bedagai Berhasil Ungkap Motif Pembunuh Janda di Dairi
BACA JUGA  Usut Dana Covid-19 Rp.4,9 Miliar, Polda Sumbar Panggil Sejumlah Pihak Terkait
Olih Solihin bersama pemenang Pencak Silat.

Sementara itu, salah satu pimpinan pusat paguron Tajimalela yang mengirimkan pesertanya, Olih Solihin, menyatakan bahwa kegiatan seperti ini harus terus diuapayakan untuk selalu terselenggara.

“Alhamdulillah, perwakilan dari Tajimalela untuk kelas pemula putri, mendapat medali emas”, ujar Olih.

Ditempat yang sama, Sofyan Hadi pengelola Green Hill Resort yang menjadi salah satu sponsor COC ke 2. Saat di wawancara mengatakan bahwa, perusahaannya akan mensuport kegiatan apapun yang bersifat positif. Apalagi kegiatan yang berupaya melestarikan budaya pasti akan kami dukung.

BACA JUGA  2 Tahun DPO, Pencurian 10 Ton Minyak Mentah Milik Pertamina Ditangkap Polisi
BACA JUGA  Peserta Lomba Kreasi "Setapak Perubahan" Polri Cukup Tinggi Ada 849 Karya Anak Bangsa

Untuk jenis pertandingannya terbagi dua kategori, yakni kategori seni (ibing) dan kompetisi, sistem pertandingan sesuai standar nasional IPSI. Hingga berita ini di turunkan, pertandingan masih berlangsung dan dijadwalkan akan berakhir hingga pukul 23.00 WIB.(AJ)

Facebook Comments

Artikel sebelumyaKapolda ke Bulukumba Tambang Ilegal Ditutup, Kapolda Kembali ke Makassar Tambang Beroperasi Lagi
Artikel berikutnyaPolda Aceh Tangkap 3 Tersangka Pelaku Kejahatan Terhadap Satwa Dilindungi