Jelang Malam Natal, Polisi Lakukan Sterilisasi di Gereja se-Kabupaten Majalengka

165
Radar BI, Majalengka | Menjelang perayaan malam Natal, sejumlah anggota Satuan Samapta Polres Majalengka melaksanakan sterilisasi lingkungan beberapa Gereja yang ada di Kabupaten Majalengka. Hal itu dilakukan untuk memastikan pelaksanaan misa berjalan dengan lancar dan bebas dari bahan-bahan berbahaya. Jumat (24/12/2021).

Pantauan awak media Radar Bhayangkara Indonesia dilapangan jelang perayaan hari natal, Satuan Samapta Polres Majalengka telah melakukan sterilisasi di seluruh gereja se-Kabupaten Majalengka, diantaranya GKP (Gereja Kristen Pasundan) Cideres, GKP Dawuan, GKP Bethesda Genténg, GPDI Jatiwangi, Gereja Katolik Jatiwangi dn Kadipaten, dan beberapa Gereja lainnya.

Setiap sudut ruangan dan lingkungan sekitar diperiksa menggunakan metal detectors. Sterilisasi tersebut dilakukan guna menciptakan rasa aman dan nyaman bagi jemaat yang akan menjalankan Misa maupun melaksanakan Natal di gereja.

BACA JUGA  Jokowi Terima Keluhan Masyarakat Soal Polri 29,7 Persen Persepsi Karena Pungli
BACA JUGA  Polda Jabar Terjunkan Tim Intelijen, Telusuri Aksi Unjuk Rasa Tolak PPKM Darurat

Kapolres Majalengka, AKBP. Edwin Affandi, melalui Kasat Samapta, AKP. Agus Romy mengatakan, pelaksanaan sterilisasi Kali ini menyasar di enam gereja di wilayah Kabupaten Majalengka.

Termasuk kata dia, dalam pengamanan Misa juga menjadi agenda utama dan penting dilakukan untuk memastikan kondusifitas dan pengamanan nantinya disesuaikan dengan jadwal pada masing-masing Gereja.

“Kita berusaha memastikan bahwa tidak ada aksi teror yang menyasar gereja. Harapannya masyarakat merasa aman dan nyaman dalam beribadah,” harapnya.

BACA JUGA  Densus 88 Antiteror Polri Tangkap 12 Teroris di Wilayah Jawa Timur
BACA JUGA  Spiritualis Nusantara Dukung Jaksa Agung Usul Hukuman Mati bagi Koruptor

Sementata untuk mengantisipasi pandemi Covid-19 yang berlangsung, aparat juga turut dalam pengawasan protokol kesehatan. Dalam hal ini, tambah dia, aparat berkoordinasi kepada panitia gereja agar mematuhi prokes yang telah ditetapkan pemerintah.

“Melaui upaya tersebut, kita harapkan perayaan Natal maupun tahun baru di wilayah Kabupaten Majalengka berjalan aman dan sehat sesuai tujuan yang ingin dicapai dalam pelaksanaan Operasi Lilin Lodaya 2021,” jelasnya.

Di waktu yang sama Drs.Sabungan Simatupang Majlis Gereja GKP Cideres yang juga ketua II PKSG menyampaikan, “Terima kasih kepada Kapolres Majalengka AKBP. Edwin Affandi dan Tim Sterilisasi Sat Samapta Polres Majalengka dan TNI Ramil Dawuan Kodim 0617/Majalengka yang telah melaksanakan sterilisasi dan humanis, yang telah memberikan kepastian keamanan dari barang-barang yang membahayakan pada saat kami beribadah.

BACA JUGA  Ibu Beragama Hindu Gugat Suami Usai 3 Anak Masuk Islam Secara Sepihak
BACA JUGA  Kukuhkan Pengurus Pemuda Premtas Ampang Karang Ganting, Irwan Basir: Cegah Penyalahgunaan Narkoba untuk Bangun Generasi Muda Berkualitas

Lebih lanjut, di seputar altar. Bangku – bangku umat dan tempat lainnya di lingkungan gereja tidak ada benda-benda yang mencurigakan, sehingga kami mantap lebih leluasa untuk beribadah, terima kasih kepada Sat Binmas Polres Majalengka yang telah menghimbau masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan dan Patuhi protokol kesehatan ,” tuturnya. (Krismanto Abi Cris)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini