Peresmian Sekolah Pancasila di SMPN 4 Kota Baru, Dodi Susanto: Cara Ampuh Tanamkan Nilai Pancasila di Kalangan Pelajar

Sekolah Pancasila merupakan julukan untuk sekolah yang dijadikan contoh penerapan nilai-nilai Pancasila.

Jabar, Radar BI | Direktur Pancasila dr. Dodi Susanto meresmikan Sekolah Pancasila di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 4 Kota Baru, Kabupaten Karawang pada hari, Selasa (05/07/2022).

Sekolah Pancasila merupakan julukan untuk sekolah yang dijadikan contoh penerapan nilai-nilai Pancasila.

“Saya ucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Kepala Kesbang Linmas Kabupaten Karawang H. Sujana, pak Dandim, pak Kapolres, Kepala Sekolah dan jajaran yang telah menginisiasi terbentuknya Sekolah Pancasila di SMPN 4 Kota Baru ini,” dr. Dodi Susanto dalam sambutannya usai meresmikan Sekolah Pancasila.

BACA JUGA  Fauzi Bahar: Mencetak Generasi Beriman, Bertaqwa dengan Dilandasi oleh Ilmu dan Berakhlak Mulia
BACA JUGA  Dukung Pendidikan Sumsel, Lanal Palembang Bersama PT.Pusri Resmikan Rumah Pintar

Dr. Dodi menyebut hal ini sangat luar biasa dan diharapkan ke depan bisa terbentuk lagi Sekolah Pancasila di wilayah lainnya di Kabupaten Karawang.

Menurut dr. Dodi, SMPN 4 Kota Baru menjadi Sekolah Pancasila pertama di Kabupaten Karawang.

“Sekolah Pancasila ini untuk memancing kepedulian siswa dan para guru untuk menjaga dan merawat nilai-nilai Pancasila dengan baik,” jelas Dodi.

BACA JUGA  Karaoke Blue Sky 1 Terbakar, Wakapolres Majalengka: Kerugian Ditaksir Rp 1 Miliar
BACA JUGA  Densus 88 Tangkap DPO Terduga Teroris di Sukabumi

Karena, Pancasila sebagai dasar negara memegang peranan penting bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Tak hanya itu, para siswa dan guru juga diharapkan dapat menerapkan dan menyebarkan nilai-nilai Pancasila di sekolah.

“Kita ingin memacu anak anak pelajar untuk menerapkan nilai Pancasila secara sederhana dan tidak terlalu rumit. Setidaknya di kehidupan sehari-hari seperti dalam penggunaan medsos,” harapnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut komisioner Warung NKRI Kadin Kabupaten Bekasi Doni ardon yang diundang Direktur Pancasila dr. Dodi Susanto.

BACA JUGA  Kadisdik Batu Bara, Ilyas: Lakukan Setiap Saat Validasi, Jangan Tunggu Esok
BACA JUGA  Harga Cabai Mahal, Irwan Basir: Memanfaatkan Lahan Lingkungan Rumah Menanam Cabai di Dalam Polibag

Kepada wartawan, ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kabupaten Bekasi itu menyampaikan fakta bahwa kehadiran media sosial banyak dimanfaatkan kaum milenial untuk menyampaikan pesan dan informasi peristiwa terkini yang sedang terjadi.

Informasi yang viral di sosmed, tidak jarang menjadi konflik di dunia nyata. Semua orang kini seolah mudah disulut emosinya via medsos.

Batas ruang dan waktu tiada lagi menjadi penghalang sebuah isu menjadi sebuah gerakan massa, ucap promotor kesehatan Tim Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Jawa Barat tahun 2021 tersebut.

BACA JUGA  Temuan BPK RI Rp.150 Miliar Dana Covid-19 Sumbar, Novia Hertini: Bantah Tudingan Terkait Penyedia Hand Sanitaizer
BACA JUGA  Kasus Remaja Tewas Terlindas Truk Demi Konten, Kakorlantas: Orang Tua Harus Mengawasi

Lanjut Doni Ardon, semua orang kini seolah mudah disulut emosinya via medsos. Batas ruang dan waktu tiada lagi menjadi penghalang sebuah isu menjadi sebuah konflik sosial.

“Saya yakin hadirnya Sekolah Pancasila menjadi formula baru di kalangan pelajar Kabupaten Karawang untuk menanamkan kembali nilai Pancasila yang disesuaikan dengan perkembangan zaman,” jelasnya.

Dalam pantauan wartawan, peresmian Sekolah Pancasila di SMPN 4 Kota Baru dihadiri hampir seluruh siswa dan siswi SMPN 4 Kota Baru.

BACA JUGA  Kapolda Metro Jaya Soroti Peningkatan Kasus Kekerasan Perempuan dan Anak
BACA JUGA  Direktorat Intelkam Polda Sumsel Gelar FGD Penguatan Ideologi Pancasila

Selain itu, juga hadir unsur Muspika Kecamatan Kota Baru, seluruh tenaga pengajar SMPN 4 Kota Baru, penggiat media sosial dam wartawan.

Facebook Comments

Artikel sebelumyaPeringati Hari Bhayangkara 76, Polda Sumut Gelar Bazzar UMKM
Artikel berikutnyaPelantikan Pj Gubernur Aceh: Ada 5 Pesan Mendagri Kepada Achmad Marzuki