Ruang Rapat Komisi C Atap Bocor, Pembangun Gedung DPRD Kota Binjai Capai Rp 45 Miliar

Gedung megah DPRD Kota Binjai.
Sumut, Radar BI | Gedung megah DPRD Kota Binjai di lingkungan Pemerintah Kota Binjai, enam bulan usai pembangunan sudah mengalami kebocoran diruang rapat Gedung Komisi C yang digenangi air, usai diguyur hujan lebat pada hari, Jumat (24/6/2022).

Dari hasil pantauan awak media Radar Bhayangkara Indonesia dilapangan ruang rapat Komisi C terlihat plapon atas gedung penuh bercak air.

Akibat tidak adanya saluran pembuangan arus air hujan pada atas gedung, sehingga debit air hujan mengendap dan tumpah kedalam ruangan gedung komisi C Gedung DPRD Kota Binjai.

BACA JUGA  HUT Bhayangkara ke-75, DPD LPM Kota Padang Serahkan Penghargaan Untuk Kapolda Sumbar
BACA JUGA  Resmikan Gedung Mako Polsek Plaju, Kapolda Sumsel: Tegaskan Pelayanan di Polsek Jangan Tebang Pilih

Dirinya mengaku heran dengan kejadian tersebut. Semestinya ada anggaran perawatan gedung sehingga tidak ada kejadian yang serupa.

IMG 20220625 204915
Ruang rapat komisi C DPRD Kota Binjai bocor di plafon dan atap. Saat musim hujan sebagian ruangan kemasukan air hujan.

“Bocornya gedung wakil rakyat sampai membuat kita sebagai masyarakat bertanya, kemana anggaran untuk perawatan gedung megah tersebut atau anggarannya juga bocor”.

Dikutip Tribun Medan, dalam pembangunan gedung DPRD ini, pemerintah Kota Binjai menghabiskan anggaran Rp.20 miliar. Gedung baru untuk legislator dibangun berlantai 4.

BACA JUGA  Polisi Berhasil Gagalkan Penyelundupan 173 Kg Timah Ilegal ke Jakarta
BACA JUGA  Resmikan Gedung, Kapolres Sampang Perintahkan Kapolsek Pangarengan Untuk Maksimalkan Pelayanan Publik Kepada Masyarakat

Fasilitas yang ada pada gedung baru itu yakni, 1 ruang rapat paripurna, 3 ruang rapat komisi, 10 ruang fraksi, 1 ruang rapat Badan Anggaran (Banggar), 1 ruang rapat pleno, 1 ruang wartawan, ruang kerja Setwan hingga 3 ruangan untuk unsur pimpinan DPRD Binjai.

Pembangunan gedung ini, awalnya dikerjakan oleh PT Cahaya Artha Indonesia sebagai kontraktor. Namun, dalam pekerjaan perusahaan ini, terbilang lambat menyelesaikan pembangunan, berdasar batas waktu yang ditentukan oleh Pemkot Binjai.

Karena itu, perusahaan tersebut dikenakan pinalti. Belum diketahui persis, besaran pinalti karena melakukan sejumlah pelanggaran terhadap pembangunannya.

BACA JUGA  Tinjau Sat Binmas Polres Binjai, Iptu Tri Eko: Siskamling Bergam Jadi Percontohan Link.13 Kelurahan Bergam Binjai
BACA JUGA  Menko Polhukam Mahfud MD Puji Semangat Juang Para Atlet Penyandang Disabilitas

Karena tidak juga selesai dikerjakan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota, kembali menganggarkan anggaran untuk pembangunan.

Untuk melanjutkan pengerjaan, PT Manel Star asal Medan, memenangkan tender, dan dianggarkan kembali Rp 25 miliar. Total, jumlah anggaran yang dikeluarkan untuk membangun gedung DPRD Kota Binjai mencapai Rp. 45 miliar. di kutipan dari Tribun Medan.

IMG 20220625 204939
Lantai Gedung Komisi C DPRD Kota Binjai.

Sementara itu, Sekertaris DPRD Kota Binjai mengatakan, bahwa kebocoran gedung sepenuhnya masih menjadi tanggung jawab Dinas PUPR Kota Binjai. Gedung ini masih dalam perawatan mereka.

BACA JUGA  Ditreskrimum Polda Jatim Ringkus 2 Tersangka Penggelapan Emas 7 Kgs
BACA JUGA  Polda Sumut Ringkus 5 Tersangka Penyelundupan Pekerja Migran yang Tenggelam di Perairan Malaysia

Ia juga meminta agar pihak wartawan dapat mempertanyakan hal ini pada Dinas terkait, jelasnya Putri Syawal Sembiring kepada awak media Radar Bhayangkara Indonesia.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kota Binjai Syarip Sitepu saat ditanya mengenai masalah ini tidak bersedia menjawab. Tanyakan saja masalah kebocoran ini pada Sekretaris Dewan (Sekwan).

Ditempat terpisah, Kepala Bidang Cipta Karya pada Dinas PUPR Kota Binjai Ridho Purnama Dewi saat dikonfirmasi masalah ini tidak berada ditempat. Menurut salah seorang ASN dikantor tersebut mengatakan sedang berada di Jakarta.

BACA JUGA  29 Meninggal Dunia, Polda Jabar: Rem Blong Penyebab Kecelakaan Bus Sri Padma Kencana di Sumedang
BACA JUGA  Ruang Rapat Atap Bocor, Komisi C DPRD Binjai: Berikan Waktu Dua Minggu ke Dinas PUPR Untuk Perbaikinya

Sumber: M.Syafii.
Editor: Prima Putra.

Facebook Comments

Artikel sebelumya8 Ibu Muda Jadi Korban Penipuan Pria Hidup Belang yang Ngaku Single di Medsos
Artikel berikutnyaHUT Bhayangkara ke 76, Kapolda Sumsel: Junjung Tinggi Jiwa Sportivitas dan Keselamatan Diri