Beranda PERISTIWA 8 Rumah Terbakar di Kampung Jao, Tokoh Masyarakat Tionghoa Tuako Alam Mengucapkan...

8 Rumah Terbakar di Kampung Jao, Tokoh Masyarakat Tionghoa Tuako Alam Mengucapkan Terimakasih atas Bantuan Irwan Basir

Padang, Radar BI | Kebakaran yang menimpa warga jalan Pasar Baru Kelurahan Kampung Jao Kecamatan Padang Barat yang terjadi pada hari Selasa (24/5/2022) ditinjau oleh Ketua DPD LPM Kota Padang Irwan Basir Datuk Rajo Alam, SH, MM pada hari Jumat (27/5/2022) Siang.

Menurut salah seorang korban bernama Harry yang mana rumahnya turut terbakar menjelaskan kalau kebakaran ini terjadi sekitar pukul 22.00 Wib dan api langsung cepat menyebar dan melahap 8 petak rumah yang dihuni oleh 30 jiwa.

BACA JUGA  Kapolri Mutasi Sejumlah Pejabat Utama Polda Aceh, Berikut Ini Daftarnya
BACA JUGA  Kapolri dan Panglima TNI Tinjau Vaksinasi 1.000 Personel di Polda Kepri
Kedatangan Irwan Basir disambut oleh keluarga korban kebakaran beserta tokoh masyarakat diantaranya Tuako Alam, anggota DPRD Kota Padang Iswanto Kowara serta ketua RT dan RW Pasar Baru.

Irwan Basir sangat prihatin dengan musibah kebakaran yang akhir-akhir marak terjadi di pemukiman warga. Faktor penyebabnya hampir sama dengan kebakaran yang terjadi ditempat lain.

Kami dari DPD LPM Kota Padang merasa prihatin dengan musibah kebakaran yang marak terjadi menimpa warga. Baru kemaren, sekitar seminggu yang lalu musibah yang sama juga menimpa masyarakat di Balai Baru Kecamatan Kuranji.

BACA JUGA  Nostalgia, Irwan Basir Buka Puasa Bersama Alumni SMPN 10 Padang
BACA JUGA  Polri Kaji Libatkan Densus 88 Buru Kelompok Teroris KKB di Papua

Sebelumnya juga terjadi di Kelurahan Parak Gadang Timur Kecamatan Padang Timur. Penyebabnya hampir sama yaitu korsleting listrik atau kalau tidak dari alat memasak atau kompor. Ini yang selalu memprihatinkan kita, ucap ketua DPD LPM Kota Padang ini.

Sebelah kiri Irwan Basir Datuk Rajo Alam,SH, MM DPD LPM Kota Padang bersama kanan tokoh masyarakat Tionghoa Tuako Alam.

Orang nomor satu di DPD LPM Kota Padang menghimbau kepada seluruh warga agar senantiasa berhati-hati dalam penggunaan kompor untuk memasak. Disamping itu pemakaian alat-alat listrik juga perlu diperhatikan. Apalagi untuk instalasi listrik bagi bangunan rumah lama. Ini perlu diperiksa dan kalau perlu dilakukan penggantian instalasinya yang mungkin sudah aus atau rusak.

BACA JUGA  Polri Telusuri Kaitan Munarman Dengan Kelompok Teroris JAD di Makassar
BACA JUGA  Irwan Basir Peletakan Batu Pertama Pembangunan Kantor Pemuda IPPKS Kuranji

“Kita semua tidak ada yang menginginkan musibah ini. Tapi kita mungkin bisa berusaha mencegahnya supaya jangan terjadi yaitu dengan meningkatkan kewaspadaan kita dalam pemakaian alat-alat listrik dan ala-alat memasak. Dan lakukan pemeriksaan terhadap instalasi listrik di rumah kita,” tambah Irwan Basir lagi.

Kebakaran yang menimpa warga jalan Pasar Baru Kelurahan Kampung Jao ini rata-rata korbannya adalah warga Tionghoa. Menurut Irwan Basir, LPM adalah Lembaga Pemberdayaan Masyarakat yang tidak melihat perbedaan suku, latar belakang, agama atau cultur dari masyarakat itu sendiri. LPM adalah lembaga masyarakat, milik masyarakat dan untuk seluruh masyarakat.

Kondisi 8 rumah terbakar menimpa warga jalan Pasar Baru Kelurahan Kampung Jao Kecamatan Padang Barat yang terjadi pada hari Selasa (24/5/2022).
BACA JUGA  Sambut Bulan Suci Ramadhan 1442 H, Irwan Basir Jalin Silaturahmi Bersama Awak Media
BACA JUGA  Validasi Data, Irwan Basir Tegaskan Jangan Ada Pendamping PKH se-Sumbar Bermain

“Kita harus menyadari kalau masyarakat Kota Padang sangat majemuk dan heterogen. Suku atau komunitas masyarakat apapun ada di Padang. Mereka ada yang berlatar belakang berbeda dan agama yang berbeda. LPM tidak pernah mengenal perbedaan itu.

Kalau diantara mereka ada ditimpa musibah, kita juga turut merasakannya karena mereka adalah saudara kita dan warga kota Padang yang tercinta ini. Dan kita wajib membantu mereka. Untuk diketahui, pada prunsipnya LPM tidak kemana-mana tetapi akan selalu ada dimana-mana”, pungkas Irwan Basir.

Sementara itu, tokoh masyarakat Tionghoa Tuako Alam, mengucapkan terima kasih sekali atas kunjungan Irwan Basir beserta pengurus DPD LPM Kota Padang.

“Mewakili korban kebakaran, saya sangat berterima kasih sekali atas kedatangan Bapak Irwan Basir bersama pengurus DPD LPM Kota Padang. Mudah-mudahan kedatangan rombongan LPM Kota Padang ini dapat meringankan beban duka dari korban kebakaran ini,” ucap Tuako Alam yang didampingi oleh anggota DPRD Kota Padang Iswanto Kowara.

BACA JUGA  Kompol Martin Implementasi Semangat Pemuda Ampang Karang Ganting dengan Kegiatan Positif
BACA JUGA  Kasat Polairud Polrestabes Palembang Tujuan Vaksinasi Sebagai Ikhtiar Dalam Memutuskan Penyebaran Covid-19
Photo bersama.

Irwan Basir pada kesempatan itu juga menyerahkan bantuan sembako dan juga uang tunai yang diterima langsung oleh salah seorang korban. Bantuan uang tunai juga disumbangkan oleh anggota DPRD Kota Padang Iswanto Kowara kepada korban kebakaran.

Hadir pada kesempatan itu, Camat Padang Barat yang diwakili oleh kasi Trantib Kecamatan Padang Barat, Lurah Kampung Jao serta tokoh masyarakat lainnya.

BACA JUGA  Halal Bi Halal BMPN Pauh IX Kuranji, Irwan Basir: Memperkuat Persatuan dan Merajuk Kembali Kebersamaan
BACA JUGA  Bundo Kandung Pauh IX Gelar Turun Mandi Anak, Irwan Basir: Peranan 4 Pilar Dalam Nagari Penting

Dijajaran DPD LPM Kota Padang, hadir beberapa wakil ketua DPD LPM Kota Padang, Sekretaris dan wakil sekretaris LPM Kota Padang serta pengurus DPD LPM lainnya. Juga hadir Ketua DPC LPM Padang Barat, Ketua DPC LPM Padang Timur dan ketua DPC LPM Kecamatan Koto Tangah.

Facebook Comments

Artikel sebelumya3 Tersangka Pembunuhan Khani Rumaf di Double O Dibawa ke Kejaksaan
Artikel berikutnyaPolisi Tangkap AM Saat Produksi 720 Miras Oplosan