Desa Wisata di Jogja Bikin Susah Move On Karena Keindahannya

162
Desa wisata di Jogja.
Desa wisata di Jogja.
Jogja, Radar BI | Desa wisata di Jogja memang selalu menarik untuk dikunjungi. Ada banyak wisata di Jogja yang selalu ramai pengunjung, terutama saat hari libur. Tidak hanya memiliki banyak spot yang indah dan menarik, Kamis (15/09/2022).

Sebagai daerah tujuan desa wisata, Jogja dikenal memiliki objek wisata yang layak dikunjungi. Seperti mulai dari wisata alam, wisata budaya, hingga wisata edukasi. Hal ini yang kemudian membuat kota pelajar selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Berikut ini beberapa desa wisata di Jogja dengan keindahannya:

1. Desa Wisata Pundong

Desa ini merupakan salah satu sentra industri kerajinan gerabah. Di desa ini, pengunjung bisa melihat dan membeli berbagai cinderamata unik, mulai dari vas bunga, asbak, tempat pensil, dan lainnya.

BACA JUGA  Kasus 2 T Berlanjut, Polda Sumsel Bawa Anak Akidi Tio Ke Rumah Sakit Jiwa

Tidak hanya dikenal sebagai sentra kerajinan tangan, desa wisata di Jogja satu ini juga dikenal memiliki berbagai kesenian tradisional yang masih lestari. Maka dari itu, nantinya pengunjung dapat menikmati pertunjukan seni sambil berburu aksesoris yang unik.

2. Desa Wisata Kalibiru

Keindahan alam yang masih asri menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjungnya. Keberhasilan dalam pengembangan objek wisata satu ini, tentu tidak lepas dari peran warga sekitar.

Awalnya, wisata Kalibiru dibangun atas inisiatif warga sekitar yang berkeinginan agar hutan tersebut tetap tumbuh hijau, sejuk, dan asri.

BACA JUGA  Kunjungi LRPPN BI di Banyuwangi, Ketua PGRI Jatim: Cegah Bahaya Narkoba serta Tingkatkan Bela Negara

Adanya keinginan untuk memulihkan hutan yang dulunya tandus dan gersang tersebut, ternyata membawa berkah bagi masyarakat sekitar. Pasalnya, wisata Kalibiru semakin diminati oleh para wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia.

3. Desa Wisata Bobung

Desa Wisata Bobung berada di Kacamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul. Tempat ini merupakan sentra kerajinan topeng kayu yang sudah mendunia. Ada banyak jenis topeng di sini dengan berbagai motif, salah satunya batik. Tidak hanya dapat melihat topeng yang unik, wisatawan juga bisa melihat langsung proses pembuatan topeng kayu.

4. Desa Wisata Tanjung

Desa Wisata Tanjung merupakan salah satu destinasi wisata di Jogja yang selalu ramai pengunjung, terutama hari libur. Desa wisata di Jogja ini terletak 5 km sebelah utara Monumen Jogja Kembali (Monjali). Di tempat ini, pengunjung bisa melihat rumah joglo serta halamannya yang luas.

BACA JUGA  Sering Jualan Sabu di Binjai, Polisi Ringkus Pengedar Narkoba Warga Asal Pekan Baru

5. Kampung Edukasi Watu Lumbung

Kampung Edukasi Watu Lumbung menjadi salah satu desa wisata jogja terbaru yang menawarkan konsep edukasi. Tempat wisata yang terletak di utara Pantai Parangtritis ini tak hanya menawarkan keindahan alam, namun juga menyimpan nilai-nilai edukasi yang tersirat dalam ritual serta persembahan sederhana.

Di objek wisata ini, Anda juga akan melihat rumah-rumah sederhana terbuat dari bambu dan kayu yang dibangun di antara pohon-pohon jati sebagai penyangga.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini